Find Us On Social Media :

Ingat, Sekolah Mahal Tak Jamin Prestasi Akademis Anak

By Ade Sulaeman, Rabu, 7 September 2016 | 07:30 WIB

Ingat, Sekolah Mahal Tak Jamin Prestasi Akademis Anak

Intisari-Online.com - Berniat menyekolahkan anak di sekolah mahal dengan harapan nilai akademisnya tinggi? Coba pikirkan ulang. Sebab, sebuah penelitian justru menunjukkan bahwa bukan sekolah mahal yang menjamin nilai akademis anak, melainkan peran orangtua.

Studi dari North Carolina State University, Brigham Young University, dan University of California, menegaskan pernyataan dan kondisi yang diperlukan anak-anak usia sekolah zaman sekarang untuk meningkatkan kecerdasan akademis seperti tersebut di atas.

“Studi kami menunjukkan bahwa hubungan orangtua dan anak sangat penting. Orangtua harus lebih banyak menginvestasikan waktu mereka dalam kehidupan anak, seperti misalnya mengerjakan pekerjaaan rumahtangga, menghadiri acara sekolah, dan mengingatkan pada anak bahwa sekolah itu penting,” jelas Dr Toby Parcel, Profesor Sosiologi di NC State.

Dr Parcel yang juga rekan penulis studi mengatakan bahwa kedekatan antara orangtua dan anak, memainkan peran penting dalam kecerdasan dan prestasi akademis buah hati.

Hasil studi ini berdasarkan mempelajari 10.000 pelajar, orangtua, dan guru sekolah, dan petugas administrasi sekolah.

Para peneliti mengatkan bahwa hubungan yang dekat dan hangat antara orangtua dengan anak, meningkatkan semangat belajar sehingga berpengaruh baik pada nilai sekolah si kecil.

Para responden guru sekolah dan administrasi sekolah juga mempelajari prestasi akademis dengan kondisi keluarga di rumah.

Mereka melihat bahwa anak-anak yang memiliki hubungan serta komunikasi yang baik dengan orangtua, selalu berhasil memperoleh nilai cemerlang, baik secara akademis maupun ekstrkurikuler.

(Rakhma/kompas.com)