Find Us On Social Media :

Bagaimana Mendapatkan Kebahagiaan di Usia Berapa pun? (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 17 September 2016 | 12:30 WIB

Bagaimana Mendapatkan Kebahagiaan di Usia Berapa pun? (1)

Intisari-Online.com - Kebahagiaan merupakan emosi sesaat. Para ahli mengatakan bahwa setiap orang, baik usia berapa pun, pekerjaan apa pun, dan sebagainya, dapat memilih dan menemukan kebahagiaannya sendiri. Bahagia juga tidak sebatas tentang uang atau harta, karena kebahagiaan sejati adalah tentang kepuasaan serta rasa sukacita. Lalu, bagaimana mendapatkan kebahagiaan di usia berapa pun?

1. Bergerak!

Menjadikan tubuh aktif, bergerak, dan berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk merasa bahagia. Neurotransmitter dan endorfin dilepaskan selama berolahraga atau tubuh bergerak, yang kemudian mendukung perasaan yang lebih baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang aktif secara fisik dapat sembuh dari depresi lebih cepat daripada yang tidak aktif. Kesehatan mental juga akan menjadi lebih baik sesuai dengan usia. Tak perlu berolahraga berat, cukupkan dengan berjalan ringan selama 10-20 menit satu hari dapat membantu tubuh aktif.

2. Terhubung dengan banyak orang

Hubungan manusia menjadi salah satu faktor untuk menciptakan kebahagiaan secara keseluruhan. Di era sekarang, kemajuan teknologi membuat banyak orang terkurung dengan elektronik dan gangguan lainnya, sehingga jarang bersosialisasi dengn orang sekitar. Ketika memiliki hubungan interpersonal dengan orang lain, kita akan merasa saling memiliki dan menjadikan kita lebih dekat serta terhubung.

3. Melayani

Kebahagiaan sesungguhnya juga diperoleh ketika kita memberikan pelayanan atau membantu orang lain. Memberikan bantuan kepada orang lain dapat membuat kita merasa lebih terhubung serta menimbulkan kebahagiaan batin. Melihat orang lain terbantu dan senang dapat memberikan kita sukacita yang lebih serta menjalin hubungan dengan lebih baik lagi. Tak perlu khawatir tentang imbalan apapun, kita akan mendapatkan perlakuan serta balasan yang sama dengan sendirinya.

4. Selalu bersyukur

Mengucap syukur atau berterima kasih atas apa pun yang dimiliki saat ini harus dilakukan. Meski terbilang sederhana, namun tindakan ini telah terbukti dalam penelitian dapat memunculkan kebahagiaan. Luangkanlah sedikit waktu untuk mengingat dan memikirkan apa saja yang telah dimiliki sekarang dan jangan membandingkannya dengan milik orang lain. Dengan demikian, kita akan merasa lebih lega serta memberikan hidup lebih tenang setiap harinya.