Find Us On Social Media :

Tak Lagi Main dengan Teman-temannya, Mungkin Anak Anda Terkena Gejala Gangguan Mental

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 18 September 2016 | 14:00 WIB

Tak Lagi Main dengan Teman-temannya, Mungkin Anak Anda Terkena Gejala Gangguan Mental

Intisari-Online.com - Khawatir anaknya mengalami sesuatu adalah hal yang wajar dialami oleh orangtua, termasuk khawatir jika anaknya terkena gejala gangguan mental. Ada baiknya, para orangtua itu bisa mengenali tanda-tanda ini supaya bisa mengantisipasinya lebih cepat.

- Tak lagi main dengan teman-temannya

Bila anak Anda mendadak tak bermain lagi dengan teman-temannya, itu bisa menunjukkan adanya masalah. Perilaku itu bisa menandakan adanya pertengkaran atau indikasi ada sesuatu pada mood anak. Apa pun penyebabnya, orangtua perlu mengajak anak berbicara.

- Terjaga sampai malam dan merasa cemas

Jika si kecil tidak juga mau tidur sampai malam dan merasa cemas, sangat penting untuk membantu anak melawan kecemasannya. Ajak anak bicara untuk mengetahui apa penyebab rasa cemasnya dan beri dukungan untuk membuatnya lebih kuat.

- Melukai diri sendiri

Ada berbagai bentuk perilaku melukai diri sendiri. Pada anak berusia lebih kecil mungkin mereka mencakar atau memukul diri sendiri. Anak praremaja dan remaja bisa mengiris kulitnya atau membakar. Jangan abaikan perilaku anak tersebut, walau Anda merasa itu tak serius. Apalagi jika anak juga menunjukkan gejala gangguan emosional lainnya seperti mengurung diri, tidak nafsu makan, dan sebagainya.

- Lari dari rumah ketika marah

Anak di usia berapa pun sering bersikap impulsif dengan lari ke luar pintu saat marah. Perilaku ini sebaiknya tidak dianggap normal karena menunjukkan kurangnya mekanisme koping (kemampuan menyesuaikan diri atau bertahan dalam masalah). Sikap lari dari rumah juga akan membahayakan dirinya.

- Tidak tidur malam

Bila selama ini si kecil tak ada masalah dengan tidurnya, lalu sekarang ia sering tidak bisa tidur di malam hari, itu adalah indikator adanya masalah.