Find Us On Social Media :

Temukan Sekuat Apa Mental Anda Melalui 10 Pertanyaan Ini (1)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 20 September 2016 | 06:00 WIB

Temukan Sekuat Apa Mental Anda Melalui 10 Pertanyaan Ini (1)

Intisari-online.com—Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting namun sering dilupakan banyak orang. Terlupakan karena stres melanda, kesibukan, kelelahan, bahkan berbagai rutinitas yang mesti dilakukan.

Kini, saatnya untuk mengingat kembali bahwa mental yang sehat dan kuat adalah penyokong hidup yang berkualitas pula. Apakah Anda memiliki mental yang sehat dan kuat? Cobalah jawab 10 pertanyaan ini dan silakan nilai kekuatan mental Anda!

1. Seperti apa kualitas tidur saya?

Setiap orang membutuhkan 6-8 jam waktu tidur yang berkualitas. Itu adalah waktu yang pas dan cukup. Mental yang kuat juga dipengaruhi oleh kualitas tidur yang baik, lo. Kalau jam tidur Anda kurang atau lebih dari waktu ideal tersebut, jangan heran kalau beberapa masalah kesehatan fisik dan mental mulai muncul.

2. Apa saja yang diproses dalam pencernaan saya?

Mengonsumsi makanan tinggi lemak, karbohidrat, gula, dan kafein  ternyata sangat berpengaruh bagi pencernaan. Sebaiknya seimbangkan makanan buah-buahan, sayur, dan biji-bijian untuk mendukung sistem pencernaan Anda. Selain itu cobalah memelihara kesehatan usus dengan mengunyah makanan dengan baik dan jangan makan terburu-buru. Perlu diketahui, kalau kesehatan pencernaan sangat mempengaruhi pikiran dan mental.

3. Sebanyak apa saya minum?

Coba selidiki, apakah Anda mengalami dehidrasi? Pastikan Anda memiliki cairan yang cukup saat beraktivitas, khususnya di hari yang panas dan sibuk. Kedua, apakah Anda masih mengonsumsi alkohol berlebihan? Jika ya, maka inilah waktu yang tepat untuk berubah. Alkohol memperlambat sistem imun dan merusak sel dan liver. Selain itu alkohol juga merusak pola tidur, lo.

4. Apa yang saya pikirkan tentang diri saya sendiri?

Apakah Anda menyukai diri Anda sendiri? Atau malah sebaliknya, Anda membenci diri sendiri? Hal ini berkaitan dengan konsep diri. Seseorang bisa memiliki mental yang kuat dengan mengenali potensi dan kelemahan Anda sendiri.

Apakah Anda menghargai diri Anda sendiri? Setelah lelah bekerja, ambillah waktu beristirahat. Jika Anda mendapatkan prestasi dari kerja keras Anda, berikan penghargaan pada diri sendiri.

Jika keadaan tidak begitu berpihak pada Anda, semangatilah diri sendiri. Belajar dari kesalahan, serta pastikan diri Anda tidak terpuruk. Itulah ciri seorang yang kuat mental!