Find Us On Social Media :

Mengapa Sebuah Pernikahan Berakhir? Berikut Adalah 10 Alasannya (2)

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 21 September 2016 | 12:30 WIB

Mengapa Sebuah Pernikahan Berakhir? Berikut Adalah 10 Alasannya (2)

Intisari-Online.com –Brad Pitt dan Angelina Jolie Pitt menjadi pasangan aktor dan aktris Holywood yang telah bersama selama 11 tahun. Setelah menikah di tahun 2014, Kedua pasangan yang disebut sebagai “Brangelina” ini akan mengakhiri hubungannya. Angelina Jolie telah meminta cerai pada tanggal 15 September.

Pernikahan mengikat tali janji antara dua pasangan, akan tetapi cerai seperti yang dilakukan oleh Bradi Pitt dan Angelina Jolie Pitt juga bisa terjadi karena berbagai hal. Berikut adalah 10 alasan mengapa pasangan memutuskan untuk berpisah yang melanjutkan artikel sebelumnya.

6. Kurangnya identitas pribadi seorang pasangan

Apabila tidak nyaman melakukan berbagai aktivitas tanpa pasangan kita, maka permasalahan identitas kerap muncul. Jadi misalnya salah satu dari pasangan tidak mempunyai ketertarikan atau tidak bisa mengekspresikan dirinya sendiri maka masalah pernikahan akan perlahan tumbuh.

7. Hilang dalam peran

Pasangan dapat melupakan kehidupan lajangnya seperti teman, hobi, dan aktivitas atau pandangan hidup lainnya. Saat dikaruniakan sebuah anak, pasangan kadang melupakan peran mereka sebagai sebuah “pasangan”. Saat anak sudah tumbuh dan tidak membutuhkan perhatian, banyak suami dan istri melupakan peran masing-masing dan memunculkan sebuah jarak dalam hubungan.

8. Kurangnya keadilan dan keseimbangan

Saat ketidakadilan terjadi dalam sebuah pasangan maka perceraian dapat terjadi. Hal ini juga dapat didorong oleh faktor lain seperti perbedaan pendapat. Seperti dalam mengurus hal teknis seperti rumah hingga hubungan keduanya dimana salah satunya bisa lebih dominan.

9. Kekerasan rumah tangga

Dalam riset yang dilakukan Msn.com, 29% koresponden mengatakan bahwa kekerasan rumah tangga menjadi alasan mengapa mereka bercerai. Power mengatakan bahwa hal seperti ini harus didahului dengan perasaan aman sebelum melanjutkan proses perceraian. Ia juga menambahkan bahwa korban dapat melaporkan kekerasan ke pihak hukum.

10 Uang dan isu finansial

Hal ini juga bisa menjadi sebuah permasalahan dalam rumah tangga. Menurut A Longitudinal Study of Marital Probles and Subsequent Divorce (1997) keuangan menjadi salah satu faktor utama mengapa perceraian terjadi. Perbedaan pendapat dan ketidaksetujuan dapat terjadi akibat uang, tabungan, hingga pembelanjaan yang berlanjut kepada pemisahan sebuah pasangan.

(Couplescounselingchicago.net/Msn.com/Huftingtonpost.com)