Find Us On Social Media :

Lewat 5 Strategi Ini, Kita Bisa Ubah Perilaku Buruk Anak dalam Seminggu

By Ade Sulaeman, Jumat, 23 September 2016 | 15:30 WIB

Lewat 5 Strategi Ini, Kita Bisa Ubah Perilaku Buruk Anak dalam Seminggu

Intisari-Online.com - Nakal adalah hal yang wajar jika terjadi pada anak. Namun, tentu saja ada batas toleransi dari kenakalan tersebut dimana kita perlu melakukan tindakan untuk mengubahnya.

Berikut ini strategi mengubah perilaku buruk anak dalam waktu satu minggu:

1. Jangan tunjukkan reaksi

“Kesalahan terumum yang dilakukan orangtua adalah merespon kebiasaan buruk anak, karena (bagi anak) perhatian negatif jauh lebih baik daripada tidak sama sekali,” tutur Ed Christophersen, PhD, psikolog anak dari Kansas.

Ketika anak uring-uringan di toko mainan, diam dan bersikaplah tenang tanpa memedulikannya. Kemungkinan besar dia akan menyadari bahwa taktiknya tidak berhasil dan anak akan kembali tenang.

2. Tetap optimis

Jangan marah ketika anak menggerutu karena suatu masalah. Sebagai gantinya, ajak anak untuk berpikir menyelesaikannya.

Robin H-C, pakar keluarga dan penulis Thinking Your Way Happy, mengatakan, bagaimana pun Anda melabeli anak, usahakan bahwa itu adalah sesuatu yang positif sehingga dia memiliki suatu tujuan.

3. Jadilah contoh

Anak-anak tumbuh melihat punggung orangtua. Oleh karena itu, hindari marah pada anak dan jadilah contoh untuk mengoreksi kebiasaan buruk anak.

“Jika anak Anda suka mengeluh dan mengomel, Anda harus menjadi contoh bagi mereka,” ucap Jayne Bellando, PhD, seorang psikolog anak dari Arkansas Children’s Hospital.

4. Akui perasaan anak saat dia melakukan kebiasaan buruknya