Find Us On Social Media :

9 Ciri Umum Seorang yang Optimis (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 24 September 2016 | 08:00 WIB

9 Ciri Umum Seorang yang Optimis (2)

Intisari-Online.com - Optimis dan Pesimis menjadi perdebatan sebagian orang karena masing-masing memiliki dampak positif serta negatif. Namun, National Institutes of Health menerbitkan keputusan yang menyebut bahwa kelangsungan hidup serta kesehatan membutuhkan keseimbangan antara optimis dan pesimis. Dan, menurut psikolog di University of Miami, Charles S. Carver, PhD, optimis memang lebih harus ditumbuhkan dibanding pesimis. Nah, inilah 9 ciri umum seorang yang optimis dan perlu dicontoh:

5. Kurang obsesif

Optimis akan menjadikan seseorang jarang berkutat pada hal negatif. Penelitian juga menunjukkan bahwa optimis lebih memiliki harapan positif, yang dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan emosional. Seorang yang optimis juga tidak terpaku pada pola pikir yang tidak produktif.

6. Jarang stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang optimis memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah daripada yang pesimis. Dengan ini pula melihatkan bahwa orang optimis akan cenderung lebih senang dan memiliki suasana hati yang positif dalam kesehariannya.

7. Memiliki kualitas tidur yang lebih baik

Orang optimis memiliki tingkat khawatir yang lebih rendah dan kemudian menyebabkan tidur sepanjang malam lebih mudah. Penelitian menemukan bahwa penderita insomnia memiliki tingkat yang rendah pada optimism dibandingkan mereka yang tidur teratur dan mendapatkan 7-8 jam setiap malam.

8. Lebih bersyukur

Sebuah studi tentang manfaat apresiasi menemukan bahwa orang yang cenderung bersyukur akan lebih optimis pula. Optimis akan menjadi seseorang melihat lebih banyak berkat yang diterima setiap hari serta menghargai apa yang mereka miliki. Jadi, selalulah bersyukur dan jadikan diri lebih optimis setiap harinya.

9. Lebih rendah hati

Optimisme tentu mengharapkan perbuat baik untuk mendapatkan dampak yang positif untuk dunia. Dengan rendah hati, maka seseorang akan melakukan sesuatu tidak hanya untuk kebaikan diri sendiri, namun juga untuk banyak orang sekitar serta lingkungannya. Rendah hati pula akan membentuk optimisme dalam diri agar mencapai tujuan baik.

Itulah 9 ciri umum seorang yang optimis. Apakah Anda memiliki beberapa di antaranya? (prevention.com)