Find Us On Social Media :

Jangan Terobsesi Dengan Penampilan!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 25 September 2016 | 08:00 WIB

Jangan Terobsesi Dengan Penampilan!

Intisari-online.com - Ada banyak tokoh atau figure yang membuat kita ingin tampil seperti mereka, terutama dalam urusan fisik atau penampilan. Hal ini kemudian mengakibatkan orang fokus pada aspek eksternal saja. Padahal, inner beauty adalah faktor yang lebih penting untuk seseorang. Jadi, janganlah terobsesi dengan penampilan saja! Dan, berikut ini adalah alasannya:

1. Dapat memengaruhi hubungan

Terobsesi dengan penampilan dapat membuat kita disukai orang hanya karena faktor eksternal saja. Dengan demikian, kita cenderung kehilang hubungan terbaik dengan orang-orang karena merasa tidak puas. Ingatlah bahwa kecantikan atau keindahan penampilan adalah faktor luar. Seiring berjalannya waktu, orang akan menentukan seberapa bahagiaan berdasarkan kebaikan hati.

2. Dapat memengaruhi penilaian

Seseorang yang terobsesi pada penampilan fisik saja cenderung menilai seseorang dengan caranya mereka melihat. Nyatanya, apa yang dilihat mata tidak berarti yang sebenarnya, karena penampilan dapat menipu. Oleh karena itu, membuat penilaian tentang orang lain hanya akan menjadi bencana bagi diri sendiri dan menimbulkan pengambilan keputusan yang mengerikan.

3. Menimbulkan masalah rendah diri

Ketika seseorang terobsesi dengan penampilannya saa, maka ia juga yang paling mungkin untuk mendapatkan harga diri yang rendah tentang dirinya sendiri. Selain itu, orang tersebut juga akan selalu merasa ada orang lain yang lebih baik atau lebih sempurna darinya, yang berakibat pada rendah diri atau iri.

4. Cenderung menjadi materialistis

Jika terobsesi dengan penampilan, seseorang akan cenderung memenuhi segala hal yang diinginkan untuk tampil sempurna di depan orang banyak. Mulai dari pakaian, sepatu, gadget, kendaraan, dan lainnya akan dipenuhi dengan maksimal. Hal ini kemudian akan mendorong pada materialistis. Tanpa disadari pula, uang akan mudah terbuang sia-sia untuk hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

5. Cenderung tidak bahagia

Seseorang yang terobsesi pada penampilan saja cenderung tidak bahagia dalam hidupnya. Hal ini dikarena rasa tidak puas yang muncul untuk terus terlihat baik. Akibatnya, mereka tidak merasakan bahagia karena tidak peduli seberapa keras usaha mereka menjadikan penampilan yang sempurna.

Hiduplah secara sederhana dan selalu bersyukur, sehingga kita akan merasa lebih bahagia. Menjaga penampilan tetap bersih dan rapi adalah keharusan, namun janganl terobsesi dengan penampilan saja! (magforwomen.com)