Find Us On Social Media :

Bagaimana Jam Mahal dapat Mempengaruhi Orang Lain (2)

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 27 September 2016 | 11:00 WIB

Bagaimana Jam Mahal dapat Mempengaruhi Orang Lain (2)

Intisari-Online.com – Matt Meltzer, seorang jurnalis dari Thrillist.com melakukan eksperimen dengan menggunakan jam mahal dalam menjalankan pekerjaan yang menuntutnya untuk berpergian. Ia menyewa melalui perusahaan Eleven James yang menyediakan jasa sewa arloji atau jam mahal cukup dengan biaya US$150 (sekitar Rp1.960.000) per bulannya.

Pengaruhnya relatif

Saat Meltzer bertemu dengan rekannya yang biasa membuat kapal untuk bilyuner, ia diberitahu bahwa jam yang digunakan adalah jam murah yang biasa dibeli oleh pelayan restoran saat berhasil menabung. Meltzer menggunakan Breitling Superocean Heritage Chronograph seharga US$5000 (sekitar Rp64 juta) dan mengatakan ia mendapatkan perlakuan khusus akibat jam yang digunakannya.

Rekannya mengatakan bahwa dalam bisnis yang ia lakukan jam Meltzer tidak akan dipandang. Untuk orang yang tidak tahu tentang jam mahal akan memberikan Meltzer perlakuan khusus, tetapi rekannya bergelut di industri dengan pelanggan yang mengenakan jam seharga US$450.000 (sekitar 58 milliar).

Karena itu ia kurang tertarik dan berasumsi kliennya juga tidak akan memberikan Meltzer keistimewaan seperti yang didapatkan sebelumnya. Sebuah kelas yang berbeda. Jadi relatifitas terjadi, baik dari orang yang memperlakukan kita hingga keadaan lain yang tidak menentu.

Banyak industri yang dapat memanfaatkan barang sebagai representasi dirinya atau status. Sebut saja pengusaha, bidang keuangan, konsultan, dan real estate, dapat digunakan sebagai penunjuk hingga peningkat status. Memang tidak mutlak, tetapi jam dapat merubah perilaku atau pandangan orang terhadap kita.