Find Us On Social Media :

5 Alasan Rambut Kita Lambat Tumbuh

By Mentari Desiani Pramudita, Senin, 5 September 2016 | 06:30 WIB

5 Alasan Rambut Kita Lambat Tumbuh

Intisari-Online.com- Menurut Internasional Journal of Dermatology, pada umumnya rambut orang Asia tumbuh 1,25cm perbulan (15cm pertahun). Namun laju ini dipengaruhi oleh konsisten Anda untuk menjaga rambut Anda sendiri. Terkadang, secara tidak sengaja ada hal-hal yang dapat menghambat laju pertumbuhan rambut. Berikut kami beberapa alasan yang membuat rambut Anda lambat tumbuh.

Diet Tidak Sehat

Anda sering melakukan diet tidak sehat? Jika ya maka ini merupakan salah satu alasan rambut Anda susah tumbuh. Kurang mengkonsumsi vitamin dan protein ketika diet maka kulit kepala dan rambut akan kekurangan nutrisi penting. Selain diet, jangan juga memakan-makanan tidak sehat. Seperti terlalu sering fast food dan tidak makan sayuran.

Rambut Lembab

Rambut yang basah namun langsung diikat atau dibaringkan akan membuat rambut rapuh. Rambut akan terasa lembab dan membuatnya menjadi kusut. Akhirnya pertumbuhan rambut menjadi lama atau bahkan sulit. Gunakan bahan alami seperti minya zaitun atau minyak kelapa agar rambut tidak lembab lagi.

Gaya Rambut

Suka mengikuti tren dengan mengganti gaya rambut? Jangan terlalu sering. Ditemukan ketegangan dalam akar rambut karena keseringan mengganti gaya rambut. Jangan juga terlalu kuat mengepang rambut. Jika akar rambut tegang, rambut mudah rontok dan merusak kemampuan rambut untuk tumbuh.

Terlalu Sering Menggunakan Hair dryer dan Catokan Rambut

Wanita setiap pagi pasti menggunakan beberapa alat salon seperti hair dryer (pengering rambut) sampai catokan rambut. Nyatanya kedua benda ini membuat rambut menjadi panas secara berlebihan sehingga merusak folikel rambut dan pertumbuhan rambut. Jika ingin mengeringkan rambut, usahakan alami dengan handuk atau biarkan kering dengan sendirinya. Gunakan catokan rambut juga tiga hari sekali atau seminggu sekali.

Terlalu Sering Menggunakan Produk Berbahan Kimia

Menggunakan pewarna rambut, hair spray, atau bahan kimia lainnya ke rambut akan menghambat pertumbuhan rambut. Karena sebagian produk tersebut menggunakan natrium hidroksida dan kalium hidroksida yang membuat rambut rusak. Jika ingin rambut tetap sehat, jangan gunakan pewarna rambut dan terlalu sering menyemprotkan hair spay ke rambut Anda.