Find Us On Social Media :

Enam Tips Sederhana Agar KIta Jauh dari Sakit

By Monalisa Darwin D, Minggu, 11 September 2016 | 07:00 WIB

Enam Tips Sederhana Agar KIta Jauh dari Sakit

Intisari-Online.com - Kesehatan menjadi harta berharga dalam kehidupan. Ketika tubuh sehat, maka menjalani kegiatan sehari-hari pun akan selalu lancar dan baik. Untuk itu, kita bisa mencoba enam tips sederhana menghindari sakit berikut ini:

1. Makan yang benar

Makanan menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan. Setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh dapat membangun kekebalan tubuh. Makanan sehat akan menjaga tubuh terhindar dari penyakit. Buah-buahan serta sayuran berdaun hijau adalah pilihan tepat. Mengonsumsi air putih yang banyak setiap hari akan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Jauhkan pula konsumsi alkohol, rokok, dan penyalahgunaan narkoba.

2. Mengeluarkan banyak keringat

Racun dapat lepas dari tubuh ketika berkeringat. Ini akan membantu menjauhkan penyakit serta gangguan kesehatan. Rutinlah berolahraga karena akan meningkatkan sirkulasi darah agar optimal. Beberapa peregangan dan meditasi setiap hari dapat membantu.

3. Tidur berkualitas

Tidur akan menyediakan energi penuh bagi tubuh. Bila mengalami kekurangan tidur, maka tubuh akan kelelahan, yang kemudian akan mengundang berbagai penyakit. Pastikan mendapati 7-8 jam tidur setiap malam.

4. Gunakan pakaian sesuai musim

Bila musim hujan atau dingin, gunakanlah pakaian yang menghangatkan tubuh. Untuk musim panas, gunakanlah pakaian yang longgar untuk menghindari penumpukkan keringat. Hal ini juga dapat membantu menjaga penyakit fisik.

5. Fokus pada kebersihan

Terlepas dari gaya hidup, prioritas harus diberikan pada kebersihan pribadi. Mandi dengan rutin, cuci tangan sebelum dan setelah makan, serta membersihkan kaki dan mulut juga penting. Pastikan pula menggunakan pakaian bersih setiap hari. Tempat tidur serta rumah juga harus dibersihkan agar selalu bebas dari kotoran dan terhindar dari penyakit.

6. Selalu positif

Tips sederhana menghindari sakit yang terakhir adalah selalu positif. Menjaga kesehatan tubuh juga harus menjaga kesehatan mental. Selalulah berpikiran positif dan melatih pikiran untuk tetap tenang. Kekuatan mental dan batin akan membantu kita terbebas dari stres, yang kemudian memungkinkan tubuh juga sehat. (magforwomen.com)