Find Us On Social Media :

4 Kebiasaan Makan yang Tak Boleh DIlakukan Jika Ingin Membentuk Massa Otot

By Monalisa Darwin D, Minggu, 11 September 2016 | 08:00 WIB

4 Kebiasaan Makan yang Tak Boleh DIlakukan Jika Ingin Membentuk Massa Otot

Intisari-Online.com - Terdapat berbagai kesalahpahaman dalam proses pembentukan massa otot, terutama dalam proses makan. Membentuk otot membutuhkan nutrisi yang sangat baik dan juga usaha keras. Untuk itu, kita perlu mengetahui kesalahan makan untuk membentuk massa otot yang sering terjadi.

1. Melakukan diet

Diet mungkin menjadi kesalah terburuk yang dilakukan ketika akan membangun massa otot. Bahkan, tubuh akan mencari sumber energi untuk dikonsumsi ketika kalori dibatasi. Otot sama seperi bahan bakar, sehingga ketika asupan kalori tidak cukup maka tubuh akan menggunakan otot untuk membentuk energi.

2. Tidak cukup protein

Protein merupakan makronutrien penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perbaikan otot. Bila tubuh tidak mendapatkan pasokan protein yang cukup, maka massa otot tidak akan terbentuk dengan sempurna.

3. Membatasi karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan makronutrien yang penting dalam menyediakan energi bagi tubuh serta memulihkan glikogen (menyimpan energi). Membatasi asupan karbohidrat hanya akan mengurangi kinerka atletik tubuh dan membuat otot berjuang memperoleh asupannya sendiri.

4. Tidak mengonsumsi lemak

Lemak sehat dapat membantu meningkatkan metabolisme serta mengatur fungsi hormon. Tidak mengonsumsi lemak sehat akan menghambat pembentuk massa otot. Jangan terpaku pada mitos lama yang menyebut bahwa makan lemak akan membuat tubuh gemuk.

Itu dia kesalahan makan untuk membentuk massa otot. Jangan dilakukan lagi, ya! (verywell.com)