Find Us On Social Media :

Yuk, Terapkan Makan Siang Bekualitas di Sekolah Untuk Anak! (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 11 September 2016 | 06:00 WIB

Yuk, Terapkan Makan Siang Bekualitas di Sekolah Untuk Anak! (1)

Intisari-Online.com - Sebagian anak yang membawa bekal ke sekolah mungkin mengeluh tentang makanannya, misalnya terlalu berminyak, rasa yang hambar, atau wadahnya yang menjadi kotor. Sebagai orangtua, memerhatikan asupan anak adalah kewajiban. Yuk, terapkan makan siang bekualitas di sekolah untuk anak mulai sekarang!

1. Berbicara kepada anak tentang pilihan makanan yang sehat

Komunikasi menjadi langkah utama untuk meningkatkan hubungan lebih baik dan erat. Anak perlu tahu pentingnya makanan sehat. Ajaklah anak berbicara sebaik mungkin. Dan, studi dalam penelitian menyebutkan anak yang mendapati makan siang seimbang akan memiliki proses belajar yang lebih baik daripada yang tidak makan siang seimbang atau tidak makan siang sama sekali.

2. Menerapkan kebiasan baik makan di rumah

Anak-anak tentu selalu meniru apa yang orangtuanya lakukan, termasuk untuk pemilihan makanan. Ketika orangtua terbiasa mengonsumsi serta menyajikan makanan sehat di rumah, seperti buah dan sayur, maka anak akan belajar dan terbiasa untuk mengonsumsinya. Dengan ini, anak akan senang bila dibekali makanan sehat di sekolah. Sekalipun mereka harus membeli makanan di luar, mereka akan cenderung memilih makanan sehat.

3. Jelajahi pertanian dan makanan lokal

Di setiap daerah memiliki hasil pertanian dan makanan yang berbeda-beda. Cobalah untuk mencari tahu makanan yang diproduksi di dekat tempat tinggal dan bila perlu, kunjungi pertanian terdekat. Anak biasanya akan menyukai pengalaman ini bahkan memiliki pemikiran untuk memanen sendiri. Biasanya, sekolah juga memiliki kegiatan berkebun, dimana ini dapat meningkatkan minat anak tentang makanan lokal dan makan sehat.