Find Us On Social Media :

Tulang Belakang Buatan untuk Pria yang Terkena Kanker Tulang Berhasil Diciptakan

By Lila Nathania, Senin, 12 September 2016 | 14:30 WIB

Tulang Belakang Buatan untuk Pria yang Terkena Kanker Tulang Berhasil Diciptakan

Intisari-Online.com – Teknologi percetakan tiga dimensi telah mengubah dunia kedokteran dengan sangat cepat. Dokter berhasil membuat tulang belakang buatan untuk pria yang terkena kanker tulang.

Sebuah tulang belakang 3D yang dicetak secara digital telah berhasil digunakan untuk mengganti tulang belakang seorang pria yang terkena kanker. Pria yang terkena kanker itu adalah Drage Josevski. Ia menderita sejenis kanker tulang yang langka yang menyerang tengkorak serta tulang belakangnya.

Agar kanker itu tidak menyebar ke bagian-begian tubuh lain, tim dokter memutuskan untuk mengangkat tulang-tulang tersebut. Mereka membutuhkan waktu 15 jam untuk mengambil tulang-tulang belakang yang mengandung sel kanker itu dan mengantinya dengan tulang belakang buatan yang berbahan dasar titanium.

Prosedur operasi ini cukup rumit karena dokter harus melepaskan kepala dari leher, mengambil tumor dan dua ruas tulang belakang, lalu menyambungkan lagi tulang belakang itu dengan tulang buatan yang terbuat dari titanium.

Tim dokter telah merencanakan operasi ini selama berbulan-bulan karena risikonya yang sangat tinggi. Uniknya, operasi ini dilakukan melalui mulut. Untung saja operasi ini berjalan dengan sangat lancar dan tumor di tubuh Drage bisa diambil dengan sukses. Sekarang, ia sudah bisa menggerakkan leher dan kepalanya dengan bebas. Sekarang ia masih menjalani masa pemulihan dan masih terus belajar untuk bisa makan dan bicara dengan normal.

(Tech Insider)