Find Us On Social Media :

Sakit Pada Payudara? Mungkin Enam Hal ini Menjadi Alasannya!

By Monalisa Darwin D, Selasa, 13 September 2016 | 06:00 WIB

Sakit Pada Payudara? Mungkin Enam Hal ini Menjadi Alasannya!

Intisari-Online.com - Sebagian wanita mengalami sakit pada payudaranya dan tidak secara pasti mengetahui penyebabnya. Bahkan, beberapa wanita menyepelekan hal ini. Nyatanya bila tidak ditangani, maka akan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang terkait. Nah, bila terasa sakit pada payudara, mungkin enam hal ini menjadi alasannya:

1. Olahraga keras

Olahraga yang terlalu keras memicu sakit pada payudara. Otot-otot di dada akan terasa tidak nyaman dan menjadikan otot payudara serta jaringan payudara mengetat. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu membuat otot dada sakit, karena hal ini justru akan menimbulkan cedera yang tidak diinginkan.

2. PMS

Nyeri pada payudara dapat terjadi karena perubahan hormon, termasuk saat PMS. Tubuh secara otomatis merespon karena pergeseran estrogen dan nyeri pada hari sebelum PMS akan terjadi. Bila haid sudah berakhir, maka nyeri payudara akan menghilang. Namun, untuk membantu, wanita dapat mengonsumsi pil KB untuk mencegah ovulasi serta menjaga kadar estrogen agar tetap stabil.

3. Ukuran bra yang tidak tepat

Pemilihan bra menjadi hal yang harus sangat diperhatikan. Bila bra terlalu ketat atau cup terlalu kecil, maka akan menyebabkan payudara sakit karena tekanan. Penggunaan bra yang salah dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada dada. Pilihlah bra yang sesuai dengan payudara!

4. Tidak mendapati jenis olahraga yang tepat

Olahraga yang  tidak tepat dapat memengaruhi jaringan payudara. Bila payudara bergerak atau memantul berlebihan, maka jaringan payudara akan ditarik berlebihan pula. Bahkan, penelitian menunjukkan satu dari tiga pelari maraton melaporkan mengalami nyeri payudara. Untuk mengatasi masalah ini, menggunakan bra olahraga adalah pilihan tepat.

5. Memiliki payudara yang kental

Bagi wanita yang memiliki jaringan payudara yang kental, maka ini memungkinkan wanita mengalami nyeri payudara. Menurut National Breast Cancer Foundation, jaringan payudara semacam ini sebenarnya ditandai dengan kista yang berisi cairan, namun tidak selalu berhubungan dengan kanker payudara. Hanya saja mereka lebih mungkin sensitif terhadap perubahan hormonal.

6. Terlalu banyak mengonsumsi kopi

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi kopi dan teh dapat menyebabkan nyeri payudara dan beberapa studi menunjukkan bahwa mengurangi kafein dapat membantu meringankan ketidaknyaman pada payudara. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi banyak kopi setiap hari, konsultasikan ke dokter untuk mengurangi asupan tersebut.

Nah, jadi bila sakit pada payudara, mungkin enam hal tadi menjadi alasannya. (prevention.com)