Find Us On Social Media :

6 Cara Alami Hilangkan Ketombe

By Monalisa Darwin D, Minggu, 18 September 2016 | 12:00 WIB

6 Cara Alami Hilangkan Ketombe

Intisari-Online.com - Ketombe merupakan salah satu masalah pada rambut yang menyebalkan. Masalah ini dapat muncul karena beberapa faktor, seperti kulit kepala kering atau akibat dari polusi. Untuk mengatasi ketombe, cara alami harus dicoba untuk juga selalu menjaga kesehatan rambut. Ini dia 6 cara alami hilangkan ketombe yang perlu dicoba:

1. Baking soda dan jus lemon

Baking soda dapat membantu mengurangi serpihan pada kulit kepala akibat dari kekeringan. Tambahan air lemon sangat efektif untuk mengurangi ketombe. Campurkan baking soda dengan beberapa tetes air lemon, kemudian terapkan pada kulit kepala dengan bantuan kuas. Biarkan hingga 10-15 menit sebelum akhirnya dicuci bersih dengan sampo.

2. Biji fenugreek dan mintak zaitun

Ramuan yang terbuat dari biji fenugreek dan minyak zaitun sangat baik untuk mengatasi masalah ketombe. Rendam beberapa biji fenugreek selama lima jam, lalu giling. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan terapkan pada kulit kepala. Selanjutnya biarkan hingga 20 menit, cuci hingga bersih, dan ulangi proses ini dua kali seminggu.

3. Aspirin di dalam sampo

Mungkin kita belum tahu bahwa aspirin dapat bermanfaat bagi rambut, salah satunya mengatasi masalah ketombe. Hancurkan tablet aspirin dan campurkan dengan sampo biasa. Kemudian terapkan pada kepala sambil dipijat pelan. Setelah membilasnya hingga bersih, gunakan kondisiner untuk hasil yang maksimal.

4. Cuka sari apel dan air lemon

Kedua bahan ini dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mengatasi ketombe. Ambil cuka sari apel dan air lemon, kemudian campuran tersebut terapkan pada kulit kepala. Untuk menutupi seluruh area, gunakan bantuan kuas. Cuci bersih dengan sampo dan beri kondisioner.

5. Aloe vera dan air lemon

Campuran air lemon juga dapat digunakan dengan lidah buaya, karena dapat mengobati serpihan di kulit kepala. Lidah buaya juga membantu mengurangi kemerahan serta gatal akibat ketombe. Campurkan lidah buaya dengan air lemon, aduk rata, dan terapkan pada rambut. Biarkan 15 menit dan cuci rambut dengan air hangat untuk hasil terbaik.

6. Minyak kelapa dan ekstrak rosemary

Cara alami hilangkan ketombe yang terakhir adalah dengan minyak kelapa dan ekstrak rosemary. Ekstrak rosemary dapat membantu mengurangi masalah ketombe. Tambahkanlah ekstrak rosemary dengan minyak kelapa dan terapkan pada kulit kepala. Jangan lupa beri pijatan lembut sebelum membiarkannya hingga satu jam. Selanjutnya, cuci rambut dengan sampo biasa. (magforwomen.com