Find Us On Social Media :

Atasi Sariawan Dengan Enam Pengobatan Alami Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 24 September 2016 | 06:30 WIB

Atasi Sariawan Dengan Enam Pengobatan Alami Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Mendapati sariawan memang membuat ketidaknyamanan. Tidak diketahui secara pasti penyebabnya, namun cedera ringan seperti menggigit pipi, iritasi di mulut, stres, kekuarangan gizi, kepekaan terhadap makanan, alergi, perubahan hormonal, sistem kekebalan tubuh lemah, hingga riwayat keluarga dapat menjadi faktornya. Berbagai obat ditawarkan di pasaran, namun perlu kita ketahui cara mengatasi sariawan dengan enam pengobatan alami berikut ini:

1. Hindari makanan asam dan manis

Ketika sariawan dan mengonsumsi makanan atau minuman yang asam, maka sariawan dapat mengalami iritasi lebih lanjut dan menyebabkan sensari terbakar, sehingga akan memperpanjang proses penyembuhan. Dan, yang perlu diketahui adalah bahwa bakteri di dalam mulut mengubah gula menjadi asam, sehingga ini menjadi penyebab utama kerusaka gigi serta memungkinkan sariawan sembuh lebih lama.

2. Ganti pasta gigi

Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate, yaitu zat busa yang paling sering digunakan dapat memicu sariawan pada beberapa orang. Cobalah untuk beralih ke pasta gigi dengan SLS bebas, seperti Rodale Peppermint dan Charcoal Brightening. SLS bebas tidak mengiritasi sariawan sebanyak pasta gigi lainya, sehingga mengganti pasta gigi dapat dicoba sebagai solusi alami.

3. Kumur air garam

Ini merupakan metode alami yang mudah dilakukan dan bekerja cukup baik. Garam membersihkan serta mengurangi sakit untuk membantu menyembuhkan serta mematikan rasa sakit. Namun, ketika berkumur dengan air garam, akan terasa sakit di awal sebelum akhirnya akan mati rasa.

4. Mengoles air baking soda

Selain berkumur dengan air garam, alternatif lainnya yang serupa adalah dengan menggunakan air dari larutan baking soda. Baking soda merupakan alkali, sehingga membantu menetralkan asam di dalam mulut yang menyebabkan rasa sakit. Campurkanlah beberapa sendok teh baking soda dalam air hangat dan oleskan pada sariawan beberapa kali sehari selama beberapa menit.

5. Bilas dengan peroksida hidrogen

Ternyata, berkumur dengan peroksida hidrogen juga mampu mengobati sariawan. Peroksida hidrogen merupakan antiseptic, sehingga menghilangkan sakit dan mempercepat penyembuhan. Ini akan meredam rasa sakit sesaat dan membuat mulut terasa bersih secara keseluruhan. Dan, ini merupakan bahan aktif yang ada pada beberapa gel sariawan.

Itulah cara mengatasi sariawan dengan enam pengobatan alami yang bisa kita coba! (prevention.com)