Find Us On Social Media :

Lima Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 24 September 2016 | 06:00 WIB

Lima Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

Intisari-Online.com - Menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup yang sehat pula sudah dilakukan banyak orang. Namun ternyata tak sedikit pula yang tidak sadar bahwa mereka kekurangan vitamin D, yang kemudian dapat menjadi faktor dari berbagai masalah kesehatan yang lebih serius. Menurut Harvard School of Public Healh, ada sekitar satu miliar orang di seluruh dunia yang kekurangan vitamin D. Dan, berikut ini adalah lima tanda seseorang kekurangan vitamin D. Apakah Anda mengalami salah satunya?

1. Keringat berlebihan

Pada bayi yang baru lahir, cukup sulit mengetahui apakah ia mengalami kekurangan vitamin D atau tidak, namun salah satu yang dapat dilihat adalah keringat pada dahinya. Ini menjadi salah satu gejala pertama yang mencolok. Begitu pula pada orang dewasa, ketika sering berkeringat berlebih padahal tingkat aktivitas adalah stabil dan dalam suhu yang sedang, maka pertimbangkanlah untuk memeriksa tingkat vitamin D.

2. Kelemahan yang tidak terduga

Tanpa disadari pula seseorang mengalami kelelahan yang berlebih untuk mengerjakan hal yang tidak begitu berat. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Asupan vitamin D yang tepat akan membantu kita mempertahankan daya tahan tubuh. Peneliti Harvard juga telah menunjukkan kaitan asupan vitamin D dengan peningkatan kontrol otot.

3. Patah tulang

Berhenti membangun massa tulang dan kekurangan vitamin D akan mempercepat atau memperburuk gejal osteoporosis. Ini dijelaskan dalam penelitin yang dipublikasi American Journal of Clinical Nutrition. Kebutuhan vitamin D benar-benar dapat diperoleh dari paparan sinat matahari, suplemen, dan asupan makanan.

4. Sakit kronis

Beberapa sakit atau masalah kesehatan seperti nyeri tulang, dikenal sebagai osteomalacia. Orang yang mengalami masalah nyeri tulang atau nyeri sendi mungkin benar-benar mengalami kekurangan vitamin D. Bila ketidaknyamanan pada sendi dan tulang terjadi selama beberapa minggu, sebaiknya berkonsultasi pada dokter agar mendapat pengobatan yang tepat.

5. Suasana hati yang buruk

Tanda seseorang kekurangan vitamin D yang terakhir adalah masalah suasana hati yang buruk. Depresi juga sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D, karena mineral dapat bekerja di otak yang sama dan berdampak pada hormon yang sama pula, seperti serotonin yang memengaruhi suasana hati atau mood seseorang. (prevention.com)