Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Enam Alasan Mengapa Kita Harus Mengindari Soda

By Monalisa Darwin D, Minggu, 25 September 2016 | 08:30 WIB

Catat! Inilah Enam Alasan Mengapa Kita Harus Mengindari Soda

Intisari-Online.com - Minuman soda memang menyegarkan, namun bila dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering, dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, efek negatif dapat terjadi dalam jangka panjang. Yuk, perhatikan enam alasan ini mengapa harus menghindari soda:

1. Menambah berat badan

Soda mengandung banyak gula yang berbahaya bagi tubuh dan tubuh manusia hanya membutuhkan gula sewajarnya untuk memberikan energi, sisanya akan menjadi lemak dan akhirnya dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Soda nyatanya berkontribusi untuk menaikkan berat badan yang tidak diinginkan.

2. Berisi banyak kalori

Soda memiliki sejumlah kalori kosong yang berbahaya bagi kesehatan karena mereka tidak memiliki nilai gizi. Namun, ketika mengonsumsi minuman soda, kita akan merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan yang akhirnya menambah kalori tubuh tanpa memberikan nilai gizi.

3. Menyebabkan gigi berlubang

Kelebihan gula di dalam soda dapat menyebabkan gigi berlubang pula. Hal ini disebabkan karena plat yang berkembang pada gigi. Ketika minum soda, plak memakan gula dalam soda, dengan demikian akan berkembang dan menghilangkan kekuatan serta kesehatan gigi.

4. Mengandung natrium

Natrium dalam soda berbahaya bagi organ vital, seperti jantung, ginjal, dan sebagainya. Natrium atau sodium bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko stroke dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

5. Menyebabkan masalah pencernaan

Soda secara drastic dapat memengaruhi kelancaran sistem pencernaan. Soda mengandung asam fosfat yang ketika mencapai perut, maka akan mengganggu sistem pencernaan. Selain itu juga dapat menyebabkan keasaman yang menghilangkan nafsu makan.

6. Menyebabkan dehidrasi

Kandungan kafein di dalam soda memiliki efek diuretik pada tubuh, sehingga mengakibatkan seringnya buang air kecil dan otomatis ini menguras cairan di dalam tubuh yang akan menyebabkan dehidrasi.

Nah, jangan lupa perhatikan enam alasan tadi mengapa harus menghindari soda. Bila sangat tidak diperlukan, sebaiknya jangan meminum soda. Pilihlah asupan yang lebih menyehatkan! (magforwomen.com)