Find Us On Social Media :

Tujuh Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mulut

By Monalisa Darwin D, Minggu, 25 September 2016 | 12:00 WIB

Tujuh Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mulut

Intisari-Online.com - Perawatan mulut dan gigi kerap disepelekan, sehingga menyebabkan berbagai masalah, seperti gigi berlubang, gusi berdarah, dan lainnya. Masalah lebih besar dapat muncul akibat dari kesehatan mulut yang tidak dijaga Padahal, area mulut juga menjadi bagian penting dalam tubuh. Selain harus rutin berkunjung ke dokter gigi, tujuh cara mudah menjaga kesehatan mulut ini bisa kita lakukan sehari-hari:

1. Floss gigi setelah makan

Floss atau membersihkan gigi dengan benang dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, khususnya setelah makan. Dengan cara ini, sisi gigi yang tidak terjangkau sikat gigi dapat bersih pula hingga sisa makanan yang tidak terlihat.

2. Bersihkan gusi dengan bulu sikat gigi kering

Gigi dan gusi dapat dibersihkan tanpa pasta gigi, dimana hanya dengan menggunakan air dan sikat gigi. Pasta gigi memberikan kalsium dan fluoride untuk memperkuat gigi. Membersihkan gusi dengan bulu kering dapat membuat area mulut lebih bersih dan segar. Namun, sikatlah secara perlahan agar tidak menyebabkan berdarah.

3. Gunakan pembersih lidah

Untuk menghilangkan bau mulut, gunakanlah pembersih lidah untuk mengatasinya. Kebersihan mulut dengan menghilangkan plat pada lidah akan menjadikan napas lebih segar dan memperlambat akumulasi plak pada gigi.

4. Gunakan stroberi untuk membersihkan gigi

Stroberi dapat membantu merawat gigi dan memastikan gigi tetap bersih dan putih. Hancurkanlah stroberi dan tambahkan sedikit baking soda hingga menjadi pasta atau bubur. Kemudian, gunakan sikat gigi lembut untuk mengoleskan campuran tersebut ke seluruh area gigi. Biarkan lima menit, setelahnya sikat keseluruhan dengan pasta gigi untuk menghilangkan baking soda. Cara ini mampu menghilangkan noda dan perubahan warna gigi, dimana akan tampak lebih bercahaya.

5. Obat kumur

Selain harus rutin menyikat gigi dua kali sehari, kita juga perlu mencuci mulut dengan menggunakan obat kumur fluoride sebelum tidur. Ini akan membantu napas lebih segar dan menjauhkan dari enamel gigi.

6. Ganti sikat gigi setiap beberapa bulan sekali