Find Us On Social Media :

Begini 12 Posisi Tubuh dan Kebiasaan yang Sehat Dalam Penggunaan Gadget

By Tika Anggreni Purba, Senin, 26 September 2016 | 14:30 WIB

Begini 12 Posisi Tubuh dan Kebiasaan yang Sehat Dalam Penggunaan Gadget

Intisari-online.com—Sangat banyak orangtua yang khawatir bahwa bermain game, media sosial, bahkan televise akan mengganggu perkembangan psikisnya. Tanpa sadar juga, bahwa penggunaan teknologi itu juga mempengaruhi fisik kita. Tidak hanya karena terlalu lama duduk, namun juga karena posisi tubuh.

Jika kita menutup mata kita sekarang, bisakah kita merasakannya? Adakah yang sedikit berbeda dengan leher Anda? Bagaimana dengan gigi dan rahang? Pergelangan tangan dan kaki Anda?

Seseorang baru saja menyadari bahwa ia sudah mengalami kaki yang sakit ketika duduk di depan komputer. Bahkan 15 tahun kemudia, ia tetap mengalami sakit yang sama karena kebiasaan simpel yang diabaikan.

Yuk, belajar terapkan kebiasaan kecil demi kesehatan jangka panjang, berikut 12 ulasannya!

Anda mungkin sudah tahu bahwa bagaimana posisi kepala seseorang saat melihat ponsel akan sangat berefek pada tegangnya otot di leher dan punggung. Tahukah Anda bahwa posisi menunduk saat melihat ponsel merupakan biang kerok sakit punggung?

Dr. Bolash Notes dari Cleveland Clinic menyebutkan bahwa ada tiga hal yang tejadi jika melihat ponsel/laptop terlalu menunduk, yaitu: Leher menjadi lebih maju ke depan, bahu juga ikut merunduk, dan terjadi kontraksi otot batu dan leher.

Cobalah saat ini. Ambil ponsel Anda dan peganglah tepat di pangkuang Anda dan lihat ke bawah. Setelah itu beberapa menit kemudian, tegakkan kepala Anda dan ponsel juga di depan mata. Anda akan merasa bahu terasa akan jatuh, bahkan ada perubahan gerak pada rahang.

Saatnya mengubahnya dengan cara:

Kebiasaan 1: Jangan buat posisi ponsel Anda berada di bawah. Sekitarnya ia berada selevel dengan bahu. Ini akan mengurangi stres pada otot-otot Anda.

Kebiasaan 2: Latihan peregangan pada punggung. Regangkan punggung dengan mengangkat tangan ke atas dan menarik napas.

Kebiasaan 3: Pastikan telinga Anda sejajar dengan bahu Anda. Kalau tidak sejajar, berarti Anda sudah membungkuk.

Posisi yang sama juga berlaku untuk komputer dan laptop. Apakah Anda membaca artikel ini dengan laptop/komputer. Coba perhatikan apakah telinga Anda sejajar dengan bahu? Jika Anda menghabiskan waktu yang banyak di depan komputer. Cobalah melakukan kebiasaan ini mulai sekarang: