Find Us On Social Media :

Pakar Kecelakaan Penerbangan: Malaysia Airlines MH370 Sengaja Dibelokkan ke Air

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 3 Agustus 2016 | 12:30 WIB

Pakar Kecelakaan Penerbangan: Malaysia Airlines MH370 Sengaja Dibelokkan ke Air

Intisari-Online.com - Hipotesis terkait jatuhnya Malaysia Airlines kembali muncul. Menurut pakar kecelakaan penerbangan, pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu sengaja dibelokkan ke air.

Larry Vance, pakar itu, mengatakan hal tersebut dalam sebuah program televisi Australia 60 Minutes. Vance meyakini pesawat yang hilang sejak 2014 itu sengaja dijatuhkan ke air.

Ia mendukung pernyataannya dengan bukti hasil pemeriksaan pada pecahan sayap pesawat, flaperon yang sebelumnya ditemukan di Pulau Reunion. “Ada yang menerbangkan pesawat itu hingga detik terakhir dan mengarahkannya ke perairan,” katanya.

Menurutnya, pada pecahan flaperon yang ditemukan, terlihat kondisi tepinya bergerigi. Kondisi itu biasanya ditemukan pada pesawat yang diketahui sempat diarahkan melawan arus air dan tekanan air membuat bagian pesawat itu bergerigi.

“Itu bukan karena patah, sebab jika patah, potongannya akan rapi. Lagi pula, benda itu sulit untuk patah,” jelas penyelidik asal Kanada itu.

Tim penyelidik kecelakaan pesawat itu hingga kini belum dapat mengonfirmasi soal dugaan itu dan mengaku masih menyelidiki soal itu. Jika disimpulkan demikian, artinya pilot pesawat rute Kuala Lumpur - Beijing itu melakukan bunuh diri. Namun, hal itu telah disanggah pihak keluarga pilot pesawat itu yang mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa ia akan berniat melakukan itu.