Find Us On Social Media :

Ketahui 13 Fakta Menarik Ini Dari Olimpiade 2016 (2)

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 10 Agustus 2016 | 10:00 WIB

Ketahui 13 Fakta Menarik Ini Dari Olimpiade 2016 (2)

Intisari-Online.com - Muncul berbagai fakta menarik tentang Olimpiade di tahun ini yang diselenggarakan di negara samba itu. Berikut adalah 13 fakta menarik tentang Rio 2016 yang melanjutkan artikel sebelumnya.

8. Bendera Olimpiade

Sebuah tim atlit yang terpaksa melarikan diri dari negara asalnya diperbolehkan untuk bersaing di Rio 2016 untuk pertama kali dalam sejarah. Tim yang berjumlah sekitar lima hingga 10 pengungsi ini tidak mewakili negara masing-masing, tetapi melakukan kualifikasi dan bersaing di bawah bendera “Olimpiade”.

9. Maskot Olimpiade

Seperti ajang olahraga bergengsi lainnya, Rio 2016 juga memiliki maskot sebagai simbol yang dipilih oleh tuan rumah. Brazil menciptakan Vinicus yang merupakan hewan berwarna kuning dan biru  dengan bentuk campuran monyet dengan kucing.

Hewan yang memiliki kemampuan untuk melenturkan tubuhnya ini menjadi representasi kehidupan satwa di Brazil. Nama maskot itu sendiri diambil dari musisi Bossa Nova bernama Vinicus de Moraes yang dikenal melalui lagu The Girl From Ipanema.

10. Cabang olahraga populer

Kompetisi renang menjadi salah satu yang populer di Olimpiade dengan harga kursi bisa mencapai 39 juta rupiah. Selain itu, sepak bola, basket, dan voli menjadi cabang olahraga populer.

11. Pengamanan

Ingat London? Pengamanan ketat Brazil ternyata tidak kalah besar. Dengan 85.000 tentara serta polisi, jumlah itu menjadi kesatuan keamanan terbesar yang pernah dikerahkan oleh Brazil, dua kali lipat dari London pada Olimpiade 2012.

12. Pengemudi taxi Rio

Pihak Brazil ternyata memberikan kesempatan gratis bagi para pengemudi taxi untuk mendaftarkan diri dalam kursus Inggris. Hal itu dilakukan oleh Komite Olimpiade untuk memudahkan dalam komunikasi internasional kepada turis.