Find Us On Social Media :

Dari Seoul ke Rio, Perkenalkan Para Pemenang Medali Olimpiade dari Indonesia (3)

By Bramantyo Indirawan, Sabtu, 20 Agustus 2016 | 10:30 WIB

Dari Seoul ke Rio, Perkenalkan Para Pemenang Medali Olimpiade dari Indonesia (3)

Intisari-Online.com – Sejak tahun 1992, Indonesia selalu memenangkan berbagai medali dari perak hingga emas dalam Olimpiade. Selain bulu tangkis, medali lain juga berhasil diperoleh atlit-atlit dalam negeri yang meramaikan prestasi olahraga Indonesia.

Ingin tahu siapa dan cabang olahraga apa yang mereka menangkan? Dilansir dari kompas.com, olympic.org, dan sports-reference.com, mari kita telusuri sejarah kemenangan Indonesia!

5. Dari Athena ke Beijing

Saat kembali ke negara asalnya di Yunani, Olimpiade yang diselenggarakan di kota Athena itu juga menjadi tahun dimana Indonesia berhasil membawa pulang medali emas. Taufik Hidayat memenangkannya setelah melawan Shin Seung-mo dari Korea Selatan.

Sony Dwi Kuncoro juga berhasil menjadi nomor tiga melalui tunggal putra, membawa pulang medali perunggu. Sedangkan Eng Hian dan Fiandy Limpele menjadi ganda putra yang juga berhasil membawa pulang medali perunggu.

Emas juga didapatkan kembali di Olimpiade yang diselenggarakan pada tahun 2008 di Beijing, Tiongkok. Hendra Setiawan dan Markis Kido menjadi ganda putra yang memenangkan medali itu setelah mengalahkan tim dari Tiongkok. Sedangkan ganda campuran mendapatkan perak melalui Nova Widianto dan Lilyana Natsir yang harus menerima kekalahan dari Korea Selatan.

Kemudian kembali pada angkat beban, tim dari Indonesia berhaisl membawa tiga perunggu dari Maria Kristin Yulianti , Eko Yuli Irawan (56 kilogram), Triyatno (62 kilogram).  Dua di antaranya adalah para pemenang pria pertama Indonesia dalam kompetisi angkat beban di sejarah Olimpiade.

6. Puasa emas di London

Untuk pertama kalinya Indonesia harus menyelesaikan partisipasinya di Olimpiade tanpa memenangkan satu pun medali emas. London, Inggris menjadi medan persaingan yang diselenggarakan pada tahun 2012. Walaupun tidak mendapatkan emas, Triyatno berhaisl mendapatkan medali perak di angkat beban 69 kilogram.

Selain itu Eko Yuli Irawan juga kembali menyumbangkan medali perunggu di kategori 62 kilogram. Kedua atlit menang di kategori beban yang lebih berat dari empat tahun sebelumnya. Pria kelahiran Lampung itu menjadi atlit angkat beban yang berhasil menjadi pria pertama yang membawa medali dari total tiga Olimpiade. Termasuk tahun ini di Rio 2016.

7. Kembalinya tradisi

Olimpiade 2016 ini menjadi tahun yang baik bagi bulu tangkis Indonesia. Melalui Tontowi dan Liliyana, sang merah putih bisa melanjutkan tradisi medali emas bagi cabang bulu tangkis. Tentunya angkat beban kembali mendapatkan kemenangan dengan Eko Yuli Irawan mememangkan medali perak dengan kategori 62 kilogram dan Sri Wahyuni Agustiani yang berhasil memenangkan perak pada kategori 48 kilogram