Find Us On Social Media :

Baik dan Dermawan, Begitulah Susiana Istri Tukul Arwana di Mata Para Pesohor

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 24 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Baik dan Dermawan, Begitulah Susiana Istri Tukul Arwana di Mata Para Pesohor

Intisari-Online.com - Belum ada kepastian tentang musabab kematian Almarhumah Susiana, istri komedian terkemukan Tukul Riyanto alia Tukul Arwana. Tapi menurut sumber yang beredar, Mbak Susi—sapaan akrab Susiana—memiliki riwayat penyakit asma yang sudah dideritanya sejak lama.

Susiana meninggal pada Selasa (23/8) pukul 18.00 WIB di Rumah Sakit Brawijaya, Jakarta Selatan. Berita kematiannya sontak mengejutkan banyak orang terlebih selama ini tak banyak kabar yang menyebutkan bahwa istri Tukul Arwana ini mengidap sakit.

Meski jarang nampang di televisi, Susiana bukanlah nama yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Ia kerap disebut-sebut Tukul dalam lawakannya setiap membawakan acara talk-show di sebuah stasiun televisi—tak jarang juga ia dijadikan bahan lawakan oleh suaminya yang memang terkenal usil itu.

Terlepas itu, Susi adalah sosok yang tangguh dan sangat religius. Paling tidak, begitu kesan Tarzan, senior Tukul di dunia komedi. “Meskipun banyak kegiatan, ia tidak pernah meninggalkan ibadah. Ia selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan pengajian,” ujar Tarzan, seperti dilansir Kompas.com.

Selain sebagai sosok yang religius, Susi, oleh beberapa kalangan disebut sebagai sosok yang dermawan. Secara pribadi, Vega Darwanti menyebut perempuan kelahiran 1968 itu sebagai sosok yang gemar beramal.

“Beliau tidak pernah berhenti dari kegiatan-kegiatan amal. Sosial banget orangnya. Dermawan sekali,” tutur Vega, kolega Tukul di acara “Bukan Empat Mata” yang tayang di Trans7.

Nunung juga punya kesan khusus terhadap perempuan berdarah Minang itu. Meski jarang ikut suaminya, Nunung mengaku mengenal dekat dengan Susi. Secara khusus, perempuan berbadan bongsor itu menyebut Susi sebagai sosok yang pendiam dan baik hati.

Tak hanya kalangan selebritas televisi, kematian Susi juga mendapat perhatian dari beberapa politisi di Indonesia. Secara khusus, mantan Ketua Umum PSSI tahun 1999-2003 itu datang ke rumah duka Tukul Arwana di Jl. Haji Jian, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ia mengaku terkejut dengan kematian Susi yang serba mendadak itu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga hadir dalam acara pemakaman Susi di TPU Jeruk Purut Jakarta Selatan. Bahkan, putra dari Saifuddin Zuhri itu secara khusus didapuk untuk memimpin doa sesudah Almarhumah dimakamkan.

“Hari ini kita hadir dalam rangka mengantar kepulangam almarhumah, istri dari sahabat dan teman, saudara Tukul Arwana, yang sudah kita ketahui adalah orang yang sangat besar peran dan pengaruhnya karena sudah banyak menghibur masyarakat,” kata Lukman.