Find Us On Social Media :

Menilik Kebijakan 'Tax Amnesty' di Negara Lain, Berhasilkah?

By Rafael Ryandika, Kamis, 1 September 2016 | 16:20 WIB

Menilik Kebijakan 'Tax Amnesty' di Negara Lain, Berhasilkah?

Intisari-Online.com – Kebijakan Tax Amnesty atau pengampunan pajak yang dilakukan oleh Kementrian Keuangan Indonesia ternyata mendapat berbagai macam respon dari masyarakat. Ada yang menolak program ini, namun tidak sedikit pula yang justru mendukungnya. Selain di Indonesia, ternyata cukup banyak juga negara yang sudah menjalankan program Tax Amnesty ini. Bagaimana hasilnya di negara tersebut?

Mengutip dari tempo.co, Direktur Eksekutif Center for Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengatakan, negara- negara seperti India, Afrika Selatan dan Italia merupakan negara yang berhasil untuk menjalankan program pengampunan pajak. Maka dari itu, Indonesia harus mampu belajar dari keberhasilan mereka.

Di India misalnya, ketika itu India seringkali mengadakan program pengampunan pajak. Alhasil, penegakan peraturan akan pajak penghasilan menjadi melemah, dan program ini sempat dinyatakan gagal.

Namun berangkat dari pengalaman dan krisis yang sedang melanda India, membuat negara tersebut melakukan program pengampunan lagi, namun untuk yang terakhir kali. Mereka berhasil mendorong wajib pajak hingga berhasil menyerap pemasukan negara hingga USD 2,5 miliar.

Selain di India, Afria Selatan juga termasuk negara yang berhasil dalam menjalankan program pengampunan pajak. Salah satu yang membuat hal ini berhasil yakni karena pihak pemerintah telah melakukan penelitian dan pengumpulan data sebelum menjalankan program ini.

Program ini juga dapat berhasil karena besarnya antusias masyarakat Afrika Selatan terhadap program pengampunan pajak. Strategi “pull and push” yang dijalankan oleh pihak pemerintah ternyata terbukti ampuh untuk menarik minat dari masyarakat.

“Pull” merupakan cara untuk menarik perhatian kepada wajib pajak agar tertarik ikut program ini dengan cara memberikan tambahan uang. “Push” merupakan cara untuk memberikan tekanan atau rasa tidak nyaman berupa sanksi yang mungkin diberikan kepada Wajib Pajak seandainya ia tidak ikut berpartisipasi.

Walau demikian, bukan berarti program pengampunan pajak selalu berhasil di negara- negara lain. Mengutip dari koran-sindo.com, Argentina termasuk negara yang gagal dalam menjalankan program ini karena terlalu sering mengakan pengampunan pajak. Selain itu, program pengampunan pajak yang dilakukan Argentina juga tidak diimbangi dengan penegakan hukum yang jelas.

Semoga pemerintah Indonesia dapat menjalankan program ini dengan baik. Karena bagaimanapun juga apabila program ini berhasil, Indonesia tentu akan lebih mendapat banyak pemasukan sehingga bisa digunakan untuk melaksanakan pembangunan di Indonesia.