Find Us On Social Media :

Lima Arti Unik Nama Merek Perusahaan Dunia

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 13 September 2016 | 16:20 WIB

Lima Arti Unik Nama Merek Perusahaan Dunia

Intisari-Online.com- Nama sebuah perusahaan pasti memiliki arti yang penting. Karena nama merupakan doa agar perusahaannya tetap berjalan baik dan semakin baik. Nama perusahaan juga menjadi representasi visi misi perusahaan. Tapi tahukan Anda ada beberapa perusahaan yang memiliki filosopi unik dibalik pemilihan nama perusahaan?

Bluetooth

Sejarahnya cukup unik. Namanya diambil dari raja Viking, Harald Blatand. Bangsa Viking terkenal merupakan ksatria yang hidup di Swedia, Norwegia, dan Denmark pada abad 9 dan 10. Dalam bahasa Viking, Blantand berarti gigi biru. Konon, raja yang memiliki gigi biru karena mereka tidak menggunakan kekerasaan melainkan berkomunikasi efektif dengan rakyatnya. Sehingga representasinya dalam bentuk teknologi transfer data nirkabel. Logo Bluetooth sendiri dari singkatan HB (Harald Blatand).

Asus

Perusahaan elektronika asal Taiwan ini cukup modern karena tidak hanya menghasilkan laptop tapi juga ponsel. Tapi ternyata pemberiaan nama merek ini sama sekali tidak modern. Asus merupakan singkatan dari Pegasus. Dalam bahasa Yunani berarti kuda terbang. Mereka ingin perusahaan yang kuat, murni, dan siap menghadapi tantangan. Lalu kenapa tidak Pegasus saja? Ternyata untuk kepentingan bisnis. Mereka mengklaim bahwa merek dengan inisial A akan lebih mudah ditemukan pelanggannya.

Nokia

Siapa yang tidak kenal merek ponsel Nokia? Di awal tahun 2000-an, merek ponsel ini sangat digandrungi. Ternyata awalnya, nama merek ini bukan untuk ponsel. Fredik Idestam asal Finlandia tahun 1865 membuat nama Nokia untuk penggilingan kertas. Ia yakin penggilingan kertasnya akan maju. Karena penggilingan dekat dengan sungai Nokianvirta, nama perusahaannya menjadi Nokia AB. Tahun 1980-an, ketika peraturan Eropa soal telekomunikasi sedang ketat, mereka mulai mencoba masuk ke industri ini dan menghasilkan ponsel.

Volkswagen

Arti nama perusahaan mobil asal Jerman yang sudah berdiri sejak 1937 adalah mobil untuk raykat. Pembuatan mobil ini merupakan janji dari pemerintah Nazi kepada rakyat. Pemimpin mereka saat itu, Hitler ingin konsep mobil murah untuk bisa dibeli semua orang. Sayangnya prototip pertama mobil ini tidak ia sukai karena konstruksinya tidak bagus. Barulah pada tahun 1938 model pertama diluncurkan dengan nama KdF (Kraft durch Freudeatau) yang berarti kekuatan melalui kesenangan.

Volvo

Dalam bahasa Latin ia berarti aku berputar. Karena awalnya mereka adalah perusahaan bantalan poros mobil. Tapi mereka berpindah haluan menjadi produsen mobil. Perusahaan asal Swedia ini baru bisa dikatakan sukses tiga tahun setelah beroperasi. Sampai kini, mereka menjadi salah satu produsen mobil terbaik di Swedia dan Eropa.