Find Us On Social Media :

Manfaat Daun Saga untuk Bayi Meredakan Batuk Secara Alami, Begini Cara Penggunaannya

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 10 Februari 2022 | 19:55 WIB

Manfaat daun saga untuk bayi meredakan batuk secara alami.

Intisari-Online.com – Walau dunia kedokteran semakin mengalami kemajuan yang pesat, tetap saja masih banyak orang yang ‘lari’ ke tanaman obat alias herbal.

Salah satu tanaman obat yang sering digunakan adalah daun saga.

Adakah manfaat daun saga untuk bayi?

Daun saga diyakini memiliki manfaat sebagai obat batuk, pilek, demam, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya.

Daun saga yang memiliki nama Latin Abrus precatorius, merupakan tanaman yang tumbuh secara liar di ladang, kebun, hutan, atau sengaja ditanam di pekarangan sebagai tanaman rambat.

Bentuk daun saga majemuk bersirip ganjil.

Bunga saga berwarna ungu muda dan biji saga berwarna merah dengan bintik hitam, maka dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai eye crabs atau mata kepiting.

Banyak manfaat daun saga untuk mengatasi penyakit, sementara manfaat daun saga untuk bayi atau anak Anda, bisa digunakan sebagai obat batuk alami.

Baca Juga: Manfaat Daun Saga untuk Bayi: Sembuhkan Flu hingga Atasi Sakit Perut!

 Baca Juga: Ini 10 Manfaat Tanaman Obat Daun Saga, dari Turunkan Demam Hingga Bantu Atasi Gigitan Ular, Tapi Hati-hati Efek Sampingnya

Seorang ibu menceritakan pengalamannya menggunakan manfaat daun saga untuk bayi, selain meredakan batuk pada bayi, juga membuat tidur anak menjadi pulas dan tidak rewel.

Di dalam daun saga terdapat kandungan protein, vitamin A, B1, B6, C, saponin, flavonoid, tanin, alkaloid, juga kalsium oksalat.