Find Us On Social Media :

Apartemen di Hong Kong Kini Luasnya Hanya Seukuran Tempat Parkir Mobil karena Harga Properti sangat Mahal (2)

By Lila Nathania, Minggu, 18 September 2016 | 16:20 WIB

Apartemen di Hong Kong Kini Luasnya Hanya Seukuran Tempat Parkir Mobil karena Harga Properti sangat Mahal (2)

Intisari-Online.com – Hidup di daerah urban harus siap dengan segala risiko yang tak mengenakkan. Salah satunya adalah apartemen di Hong Kong kini luasnya hanya seukuran tempat parkir mobil karena harga properti sangat mahal.

Untuk mendapatkan apartemen yang cukup besar dan layak ditinggali oleh orangtua yang memiliki anak, orang Hong Kong setidaknya harus merogoh kocek antara 6,6 hingga 8,1 milyar rupiah. Itu pun bukan rumah yang mewah yang besar. Ukuran rata-rata dari apartemen yang ‘besar’ menurut orang Hong Kong ini rata-rata hanyalah 65 meter persegi saja.

Salah seorang warga Hong Kong yang tinggal di Wan Chai bercerita bahwa apartemennya hanya berukuran kurang dari 7,5 meter persegi. Apartemen super kecil ini memiliki kamar mandi dan tempat untuk kulkas, lemari pakaian, dan rak. Kasur untuk tidur sepanjang hari harus dilipat dan baru dibuka saat akan dipakai. Karena warga Hong Kong ini tingginya 190 cm, saat tidur, ia harus mengambi lposisi diagonal. Jika tidak sedang tidur, ia akan selalu keluar rumah.

Masalah makin kecilnya tempat tinggal ini rupanya harus segera diatasi oleh pemerintah Hong Kong. Namun karena wilayah yang kecil, tentu tak mudah menemukan solusi untuk permasalahan kepadatan penduduk tersebut.

Hidup di lingkungan yang sangat kecil mungkin membuat orang tak perlu membersihkan ruangan yang luas atau memakai listrik banyak, namun, penelitian membuktikan hal ini memiliki sejumlah efek buruk. Jika apartemen sekarang hanya seluas tempat parkir mobil, bagaimana kelak kehidupan masyarakat kita di masa depan?

(scmp.com)