Find Us On Social Media :

9 Jenis Teh Herbal atau Tisane yang Menyehatkan (2)

By Birgitta Ajeng, Senin, 15 September 2014 | 18:00 WIB

9 Jenis Teh Herbal atau Tisane yang Menyehatkan (2)

Intisari-Online.com - Meski bukan berasal dari tumbuhan teh, ada juga minuman yang disebut ‘teh’, misalnya teh peppermint, chamomile, dan teh rosella. Minuman ini sering disebut teh karena cara menikmatinya sama seperti teh, harus diseduh terlebih dulu. Biasanya minuman ini merupakan campuran beberapa herbal sehingga sering disebut teh herbal atau tisane. Berikut ini beberapa jenis teh herbal atau tisane yang menyehatkan.

5. Jahe

Banyak manfat yang bisa diambil dari mengonsumsi jahe, di antaranya mampu menyembuhkan batuk, meredakan mual, menyembuhkan sakit perut, dan menghangatkan badan. Jahe juga dapat mencairkan darah dan menurunkan kadar kolesterol.

Dengan begitu, dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah pada jantung. Manfaat lain dari jahe adalah mengurangi nyeri rematik. Dari sekian banyak manfaat ini, tak heran jika tisane dari jahe menjadi salah satu yang populer dan banyak disukai orang Indonesia.

6. Mawar

Bunga mawar kering yang diseduh dengan air panas dipercaya bisa mencerahkan kulit wajah. Tisane mawar biasanya diminum dengan tambahan madu untuk menimbulkan rasa manis.

7. Peppermint

Tisane ini merupakan salah satu yang paling populer dan disukai masyarakat. Daun peppermint banyak disukai ketika diseduh dan dinikmati sebagai teh. Aroma mint yang khas dengan sedikit rasa pedas dapat memberikan efek menghangatkan tubuh.

8. Rosella

Penelitian USDA pada 2008 menunjukkan bahwa rosella dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Tak heran jika akhirnya rosella digunakan sebagai tisane. Khasiat yang didapat dari teh dengan rasa asam segar dan seduhannya berwarna merah ini adalah mampu menjadi diuretik alami dan membantu mengatasi masalah ginjal.

9. Serai

Serai sangat baik untuk melancarkan peredaran darah serta meredakan rasa mual dan sakit perut pada perempuan yang sedang menstruasi. Bahkan sejak dulu serai dipercaya sebagai obat batuk tradisional dan dapat menimbulkan efek menenangkan.

Nah, itu tadi beberapa jenis teh herbal atau tisane yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

-selesai-