Find Us On Social Media :

Apakah Sekolah Luar Biasa Ganda Itu?

By Mohamad Takdir, Selasa, 24 Maret 2015 | 06:00 WIB

Apakah Sekolah Luar Biasa Ganda Itu?

Intisari-Online.com - Apakah Sekolah Luar Biasa Ganda itu? Anak tunaganda atau tunamajemuk adalah anak yang menderita dua atau lebih kelainan dalam segi jasmani, keindraan, mental, sosial dan emosi sehingga diperlukan pelayanan khusus.Salah satu Sekolah Luar Biasa Ganda di Indonesia adalah Sekolah Luar Biasa (SLB) Ganda milik Yayasan Bhakti Mitra Utama (SLB-G YBMU) yang didirikan pada tanggal 22 April 1979 dan berlokasi di Baleendah, Kabupaten Bandung. SLB ini merupakan sekolah luar biasa bagi penyandang tunaganda pertama di Indonesia.

Sekolah ini dilengkapi dengan sarana asrama untuk menampung anak-anak disabilitas yatim piatu ataupun yang berasal dari keluarga miskin. SLB berlabel G ini khusus menangani anak-anak tuna ganda dengan basic C atau tuna grahita (keadaan keterbelakangan mental atau gangguan mental).Ibu Hj. Reni Djajadiningrat S.Psi sebagai ketua umum YBMU mengatakan bahwa di SLB Ganda ada 12 guru yang berkatar belakang khusus sarjana pendidikan luar biasa. Ada 52 siswa yang belajar di SLB ini dan empat siswa menginap di asrama. Kompleks SLB Ganda di Baleendah ini cukup luas dan lengkap. Hanya saja terlihat kusam.

Maka pada hari Minggu 22 Maret lalu Team Singapore Volunteers dengan Jotun membantu mengecat ulang kompleks SLB tersebut dalam program Jotun mewarnai dunia 2015. Membawa 35 orang, sebagian besar remaja dan anak-anak, mereka dengan bersemangat mengecat bagian luar dan dalam dari sekolah.SLB Ganda ini tampaknya dibangun secara bertahap semenjak tahun 1979 sebab beberapa gedung memiliki tahun bangun yang berbeda-beda. Sayangnya jalanan di sekitar SLB Ganda tidak diaspal dengan baik sehingga ketika hujan tiba maka genangan air mengganggu.