Find Us On Social Media :

Misteri Joyeuse, Pedang Legendaris dan Harta Karun Pribadi Kaisar Charlemagne, ‘Berisikan’ Peninggalan Orang Suci yang Berikan Kekuatan Magis, Digunakan dalam Penobatan Raja Selama Berabad-abad

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 3 Februari 2022 | 17:30 WIB

Legenda pedang Joyeuse, harta karun pribadi Charlemagne.

Intisari-Online.com – Banyak senjata legendaris yang telah dijelaskan dalam dokumen maupun buku kuno serta buku-buku sejarah.

Beberapa adalah senjata asli, sementara yang lainnya merupakan mitos yang mengilhami pengrajin menciptakan senjata untuk ksatria dan pejuang terkenal selama berabad-abad.

Salah satu senjata tersebut adalah ‘Joyeuse’ (yang dalam bahasa Prancis berarti ‘gembira’).

Senjata tersebut dikenal luas sebagai pedang legendaris Kaisar Charlemagne.

Menariknya dari pedang ini membawa kita ke salah satu penguasa Eropa yang paling mendominasi setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi.

Seperti Durendal dan curtana, juga senjata yang sangat baik, pedang ‘Joyeuse’ disebutkan dalam puisi Prancis yang terkenal, Song of Roland, yang membuatnya semakin sulit untuk membedakan kebenaran dari fiksi.

Pedang satu tangan yang indah dengan bilah datar, bermata dua, dan tajam ini ditempa sekitar tahun 802 M oleh pandai besi terkenal Galas, dan butuh waktu tiga tahun untuk membuat mahakarya ini.

Dirancang untuk digunakan dengan perisai yang dipegang di sisi lain, ‘Joyeuse’ awalnya dihiasi dengan naga dan kemudian, dengan fleur-de-lis, simbol yang terkait dengan kerajaan Prancis.

Baca Juga: Kisah Rani Lakshmibai, ‘Joan of Arc’ India, Ratu yang Pergi Berperang dengan Bayi Diikat di Punggungnya dan Pedang di Masing-masing Tangannya Lawan Kolonial Inggris

 Baca Juga: Kisah Durendal, Pedang Ajaib Nan Legendaris Ksatria Roland, Mampu Potong Batu-Batuan Besar Hanya dengan Satu Kali Tebasan, Benarkah Pedang Ini Hadiah dari Hector Pahlawan Troya?

Tetapi kemudian simbol itu ditarik untuk upacara penobatan Napoleon.

Pedang misterius Charlemagne dikatakan berisi relik para santo.