Find Us On Social Media :

Benarkah Ponsel Xiaomi ada yang Palsu ? Coba Cek dengan Cara Ini untuk Membuktikan Kebenarannya

By Afif Khoirul M, Selasa, 1 Mei 2018 | 18:30 WIB

Intisari-online.com - Sebagai pemain yang tergolong baru di industri smartphone Indonesia, nama Xiaomi benar-benar sukses mencuri perhatian khalayak.

Pasalnya, vendor asal Tiongkok tersebut menawarkan smartphone berbanderol murah dengan spesifikasi di atas rata-rata perangkat di kelas yang sama.

Ketenaran Xiaomi ini pun dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan, tetapi tidak dengan cara yang benar.

Salah satunya adalah dengan membuat dan menjual smartphone Xiaomi tiruan. Uniknya, ponsel Xiaomi "KW" tersebut benar-benar mirip dengan aslinya.

Memang ada beberapa perbedaan minor di antara keduanya. Namun, jika dilihat secara sepintas, sangat sulit untuk membedakan antara yang asli dan palsu.

Baca Juga : Pantas Saja Xiaomi Harganya Murah Meriah, Ternyata Cuma Sebegini Keuntungan Penjualannya

Baca Juga : Masih Ingat Kakek 75 Tahun yang Nikahi Gadis Berusia 25 Tahun? Begini Kondisi Keduanya Sekarang

Lantas, bagaimana cara mengecek keaslian dari ponsel Xiaomi? Cara termudah adalah dengan menggunakan tools atau aplikasi pengecekan buatan Xiaomi sendiri.

Anda hanya perlu masuk ke situs https://jd.mi.com lewat browser di PC atau laptop. Kemudian, download saja file APK yang sudah tersedia di situs ini.

Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di ponsel Xiaomi yang mau dicek keasliannya dan jalankan setelah proses instalasi selesai.

Sekadar catatan, Anda mungkin harus mengaktifkan mode instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store.

Di perangkat Xiaomi, mode itu bisa ditemukan di bagian Settings; Additional Settings; Privacy; dan pilih Unknown Sources. Refresh situs web https://jd.mi.com, kemudian arahkan ponsel ke kode QR.

Arahkan hingga proses pemeriksaan selesai. Seusai itu, situs web akan memberikan informasi apakah ponsel Xiaomi yang diuji asli atau tidak.