Find Us On Social Media :

Pertamina Membuka Pertamina Beasiswa Sobat Bumi

By Mohamad Takdir, Sabtu, 19 Juli 2014 | 18:00 WIB

Pertamina Membuka Pertamina Beasiswa Sobat Bumi

Intisari-Online.com - Pertamina membuka Pertamina Beasiswa Sobat Bumi melalui Pertamina Foundation. Di tahun ketiga penyelenggaraannya, beasiswa ini menyasar mahasiswa jenjang Strata-1 dari beragam disiplin ilmu di 24 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Nantinya, penerima beasiswa berhak menerima penggantian biaya pendidikan setiap semester, bantuan biaya hidup setiap bulan sebesar Rp 500.000, dan bantuan penyusunan tugas akhir. Selain itu, para penerima Beasiswa Sobat Bumi juga diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan yang berafiliasi dengan PT Pertamina (Persero).

(Baca juga: Tips Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri)Pertamina juga menyadari upaya pemberian beasiswa ini sebagai bagian upaya menularkan pola pikir dan tindakan sadar lingkungan diantara generasi muda. "Kami berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini karena kami berharap akan semakin banyak mahasiswa penerima Beasiswa Sobat Bumi yang dapat menjadi agen perubahan dalam bidang lingkungan, bagi komunitas di sekitarnya," ujar Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, Nina Nurlina Pramono.Tahun ini, dana yang dialokasikan oleh Pertamina Foundation lewat program Pertamina Beasiswa Sobat Bumi mencapai 4,5 miliar rupiah. Sumber pendanaan program ini berasal dari pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina yang dikelola oleh Pertamina Foundation.

(Baca juga: Peluang Belajar Di Negeri Kincir Angin)

Berbeda dengan program beasiswa lainnya, Pertamina yang membuka Pertamina Beasiswa Sobat Bumi ini tidak hanya memberikan bantuan dana untuk pendidikan akademik namun juga mengalokasikan anggaran program inisiatif yang diusulkan oleh penerima Beasiswa Sobat Bumi di seluruh Tanah Air yang tergabung dalam komunitas Sobat Bumi Indonesia.Setiap tahun, para penerima Beasiswa Sobat Bumi juga diberi fasilitas untuk melakukan pertemuan guna membahas inisiatif pemecahan masalah lingkungan yang ada. "Ini sebagai ajang pembelajaran agar mereka dapat mulai berkontribusi terhadap penyelesaian masalah-masalah lingkungan di sekitarnya," ujar Direktur Pendidikan Pertamina Foundation, Ahmad Rizali.Program Beasiswa Sobat Bumi ini terbuka bagi para mahasiswa yang sudah menempuh semester empat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,01. Bagi mereka yang ingin beasiswa, berita Pertamina membuka Pertamina Beasiswa Sobat Bumi ini sangat membantu.