Find Us On Social Media :

Ribuan Hektar Hutan Disulap Jadi Lahan Kepala Sawit Hingga Jadi Pemasok Minyak Sawit Terbesar di Dunia, Ini Alasan Minyak Goreng di Indonesia Masih Saja Mahal

By Khaerunisa, Senin, 31 Januari 2022 | 20:55 WIB

Ilustrasi. Perkebunan kelapa sawit Adolina Sumatera Utara.

Intisari-Online.com - Beberapa waktu terakhir, masyarakat Indonesia 'tercekik' dengan harga minyak goreng yang melambung tinggi.

Padahal, minyak goreng merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi untuk setiap harinya.

Tak hanya terjadi pada minyak goreng kemasan, namun juga terjadi pada minyak goreng curah yang biasa dijual dalam kemasan plastik bening di pasaran.

Di beberapa daerah, harga minyak goreng menembus Rp 20.000 per liter. Padahal sebelum melonjak, harga minyak nabati ini berkisar Rp 11.000 hingga Rp 13.000 tergantung kemasannya.

Harga minyak goreng mulai menurun di level Rp 14.000 per liter sesuai ketetapan pemerintah, setelah pemerintah menggelontorkan subsidi Rp 3,6 triliun melalui perusahaan minyak goreng.

Indonesia sendiri tercatat jadi negara penghasil Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit mentah terbesar di dunia.

Maka, lonjakan harga minyak goreng di Indonesia ini jadi ironi, mengingat pasokan minyak sawit di Indonesia selalu melimpah.

Jika Indonesia merupakan penghasil CPO terbesar, lalu mengapa harga minyak goreng bisa melambung?

Baca Juga: Meski Penghasil Minyak Kelapa Sawit Terbesar di Dunia, Pantas Saja Minyak Goreng di Indonesia Masih Saja Mahal, Ternyata Justru Malaysia yang Bisa Mengatur Harga Minyak, Ini Penyebabnya!

Baca Juga: Sering Bikin Perdebatan, Mengapa Dua Air Laut yang Bertemu di Teluk Alaska Tidak Bisa Menyatu? Ternyata Begini Rahasia di Balik Misteri Alam Semesta Ini

Melansir Kompas.com (30/01/2022), Para produsen kompak menaikkan harga dengan dalih menyesuaikan dengan harga minyak sawit (CPO) di pasar global.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, polemik mengenai mahalnya minyak goreng di Indonesia ibarat ayam yang mati di lumbung padi.