Find Us On Social Media :

Berusia 2.000 Tahun, Mangkuk Peninggalan Romawi Kuno Ini Ditemukan Utuh Sempurna di Belanda Meski Telah Berabad-abad Lampau Terkubur di Bawah Tanah

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:20 WIB

Mangkuk berusia 2.000 tahun peninggalan Romawi Kuno yang ditemukan utuh.

Intisari-Online.com –Para arkeolog sedang bekerja di sebuah penggalian di kota Nijemegen, Belanda.

Mereka dilaporkan menemukan mangkuk kaca biru berumur 2.000 tahun yang terpelihara dengan baik di akhir tahun 2020, lapor Anne Nijtmans untuk surat kabar Belanda de Gelderlander.

Mangkuk seukuran telapak tangan ini telah bertahan berabad-abad terkubur di bawah tanah, tetapi utuh sempurna dengan sedikit atau tanpa keausan.

Para peneliti dan pemerintah kota mengumumkan penemuan mangkuk itu ketika para arkeolog bekerja untuk membersihkan daerah itu.

Itu merupakan bagian dari distrik bisnis Winkelsteeg, sebelum pembangunan perumahan direncanakan di tempat itu.

Mangkuk itu dibedakan dengan pola garis-garis vertikal.

“Mangkuk seperti itu dibuat dengan membiarkan kaca cair menjadi dingin dan mengeras di atas cetakan,” arkeolog utama Pepijn van de Geer memberi tahu de Gelderlander.

“Polanya digambar saat campuran kaca masih cair. Lalu oksidasi logam menyebabkan warna biru.”

Baca Juga: Pelayannya Sampai Racuni Diri Demi Mengikutinya Sampai Akhirat, Inilah Ratu Sumeria yang Misterius, Puabi, dan Kompleks Pemakaman Bawah Tanah yang Tak Tersentuh Penjarah Hingga Beberapa Ribu Tahun

 Baca Juga: Berusia Hampir 3.000 Tahun, Ditemukan Helm Bertanduk, yang Sebenarnya Salah Bila Dikaitkan dengan Bangsa Perampok Nomaden Ini, Kalau Bukan Milik Bangsa Viking Lalu Siapakah Pemiliknya?

Nijmegen merupakan salah satu kota tertua di Belanda, menurut Universitas Radboud setempat, bahkan mungkin kota yang tertua, meskipun beberapa kota mengklaimnya.

Bangsa Romawi Kuno pertama kali mendirikan sebuah kampi militer di dekat lokasi Nijmegen saat ini pada abad pertama Masehi, sekitar waktu pembuatan mangkuk kaca.