Find Us On Social Media :

Main Belakang di Saat Hubungannya dengan Amerika Sedang Renggang, Negara Ini Diam-diam Malah Dapatkan Gelontoran 400 Persen Senjata Militer dari China, Bagaimana Reaksi AS?

By Tatik Ariyani, Jumat, 28 Januari 2022 | 15:02 WIB

China memperluas pengaruhnya di Timur Tengah

Intisari-Online.comAmerika Serikat (AS) telah lama mendekati Arab Saudi sebagai sekutu, dan telah menjadi salah satu importir utama produk minyak bumi.

Namun, hubungan AS dengan Arab Saudi menjadi renggang dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2018, pembunuhan jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi menyebabkan keretakan antara kedua negara.

Ketika AS meningkatkan produksi minyak serpih, AS juga menjadi kurang bergantung pada minyak Saudi.

China pun tak mau melewat kesempatan sedikitpun untuk memperluas pengaruhnya ke wilayah Timur Tengah.

China ingin membangun hubungan militer yang lebih dekat dengan Arab Saudi ketika pengaruh AS berkurang di Timur Tengah.

Dalam panggilan antara menteri pertahanan hari Kamis, China dan Arab Saudi mengisyaratkan aliansi militer yang sedang berkembang.

Jenderal Wei Fenghe, menteri pertahanan China, mengakui "dukungan kuat" Arab Saudi untuk Beijing dalam isu-isu seperti Taiwan, Hong Kong dan Xinjiang – sumber gesekan besar-besaran dengan Barat, melansir Express.co.uk, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Setengah Mati Benci India, China Senjatai Negara Musuh India Ini dengan Rudal DF-17 untuk Lawan India

Baca Juga: AS Tak Bisa Tenang, Pesawat Tempur F-35C Miliknya Jatuh di Perairan yang Diklaim China Ini, Bisa Gawat Jika China Lebih Dulu Menemukan Puing-puingnya

Dalam panggilan telepon dengan Pangeran Khalid bin Salman, wakil menteri pertahanan Arab Saudi, Jenderal Wei berjanji untuk mendorong “kerja sama praktis [dan] memperkuat solidaritas” antara kedua militer.

South China Morning Post melaporkan bahwa Jenderal Wei meminta kedua negara untuk “memperkuat koordinasi dan bersama-sama menentang praktik hegemonik dan intimidasi, untuk melindungi […] kepentingan negara-negara berkembang bersama-sama.”