Find Us On Social Media :

Terdengar Gila dan Tak Pernah Tercatat Dalam Sejarah Manapun, Ternyata 'Wanita Indonesia' Diduga Pernah Menjajah Wilayah Afrika Ini, Konon Ada Jejak Kerajaan Sriwijaya di Baliknya

By Afif Khoirul M, Jumat, 28 Januari 2022 | 09:32 WIB

(Ilustrasi) Kerajaan Sriwijaya

Intisari-online.com - Kerajaan Sriwijaya memang memiliki pengaruh luas, bahkan diakui oleh India dan China.

Namun, pernahkah Anda membayangkan bahwa Sriwijaya bisa memiliki jangkauan hingga wilayah Afrika.

Kedengarannya gila namun, ada teori yang menyatakan bahwa pulau di Afrika ini pernah dijajah oleh wanita dari Indonesia.

Madagaskar dijajah oleh beberapa lusin wanita Indonesia 1200 tahun yang lalu.

Menurut Syndey Morning Herald para ilmuwan telah menyelidiki salah satu episode paling aneh dalam pengembaraan manusia ini.

Para antropolog terpesona oleh Madagaskar, karena pulau itu tetap jauh dari penaklukan manusia atas planet ini selama ribuan tahun.

Kemudian menjadi pemukiman oleh orang Afrika daratan dan Indonesia, yang lokasinya 8.000 kilometer jauhnya.

Sebuah tim yang dipimpin oleh ahli biologi molekuler Murray Cox dari Universitas Massey Selandia Baru menyelidiki DNA untuk mencari petunjuk untuk menjelaskan teka-teki migrasi.

Baca Juga: Kisruh Sampai Panggil Bala Bantuan dari Negara Lain, Inilah Kerajaan Asia yang Pernah Berseteru Dengan Kerajaan Sriwijaya Sampai Minta Bantuan India Untuk Hancurkan Sriwijaya

Baca Juga: Bukan Karena Angkatan Lautnya yang Kuat, Ternyata Dengan Meminta Bantuan Kelompok Ini Kerajaan Sriwijaya bisa Merajai Lautan Asia Tenggara, Keberadaanya Konon Masih Ada Hingga Kini

Mereka mencari penanda yang diturunkan dalam kromosom melalui garis ibu, dalam sampel DNA yang ditawarkan oleh 266 orang dari tiga kelompok etnis Malagasi.

Dua puluh dua persen sampel memiliki varian lokal dari "motif Polinesia", karakteristik genetik kecil yang ditemukan di antara orang Polinesia, tetapi jarang di Indonesia bagian barat.