Find Us On Social Media :

Kisah Orang Buta yang Membawa Lentera (1)

By Lila Nathania, Minggu, 4 September 2016 | 18:15 WIB

Kisah Orang Buta yang Membawa Lentera (1)

Intisari-Online.com – Suatu ketika, seorang buta hendak pulang dari rumah sahabatnya. Ketika ia akan pulang, hari sudah malam. Sahabatnya tersebut kemudian membekali orang buta ini dengan sebuah lentera.

Orang buta itu tertawa dan bertanya, “Buat apa saya membawa lentera? Dengan atau tanpanya, saya memang tak bisa melihat! Sudah, tak perlulah saya membawa lentera itu!.” Sang sahabat itu kemudian dengan lembut menjawab, “Ini agar orang lain bisa melihatmu dan tidak menabrakmu saat berjalan.”

Setelah perdebatan singkat, orang buta itu setuju untuk membawa lentera. Baru berjalan selama lima menit, ada orang yang menabraknya. Orang buta yang kaget ini berkata dengan tidak senang, “ Hei! Kamu kan punya mata! Berilah jalan untuk orang buta!” Tanpa menjawab, orang itu berlalu.

Baru berjalan lagi selama 10 menit, ada orang lain yang menabraknya. Orang buta ini makin marah dan berkata, “Kamu buta ya? Tidak bisa lihat? Aku sudah bawa lentera mengapa masih kau tabrak?” Orang itu kemudian menjawab dengan sama marahnya, “Kamu itu yang buta! Apa kamu tidak tahu bahwa lenteramu sudah padam?”

Si buta itu terdiam sejenak lalu setelah sang penabrak sadar denga situasinya, ia langsung berkata, “Astaga, maaf sekali. Sayalah yang buta karena tidak menyadari bahwa Anda tak bisa melihat. Mari saya bantu untuk menyalakan lagi lentera Anda.”

Orang buta ini kemudian juga meminta maaf karena sudah berkata kasar dan tidak sadar bahwa lenteranya telah mati. Mereka kemudian berpamitan dengan sopan lalu melanjutkan perjalanan masing-masing.