Find Us On Social Media :

Kisah Panci Ajaib Pembuat Sup

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 7 September 2016 | 19:00 WIB

Kisah Panci Ajaib Pembuat Sup

Intisari-Online.com – Alkisah, hiduplah seorang wanita yang menjual sup ayam terlezat di pasar. Tidak ada yang tahu nama wanita tua itu. Tidak ada yang tahu pula di mana ia tinggal. Juga tidak ada yang tahu mengapa supnya selalu terlezat di pasar itu dan mengapa supnya selalu panas.

Tidak ada orang-orang yang berpikir tentang hal itu. Mereka hanya membeli sup dan memakannya. Setiap pagi wanita tua itu datang ke alun-alun pasar. Ia membawa panci hitam besar sup ayam panas di kepalanya. Lalu, ia duduk di bawah pohon dan tidak lama menjual supnya.

Di tempat lain, hiduplah seorang anak kecil yang tinggal tidak jauh dari alun-alun pasar. Ia sangat menyukai sup. Ia ingin tahu dari mana asal wanita tua itu. Suatu hari ketika wanita tua itu meletakkan panci yang kosong di kepalanya dan meninggalkan alun-alun pasar, Kalari, nama anak kecil itu, mengikutinya. Tapi, wanita tua itu tidak mengetahuinya. Mereka pergi dengan cara yang lama. Mereka memanjat bukit yang tinggi. Malam datang. Kalari takut. Tapi ia tetap melanjutkan perjalanan.

Akhirnya wanita tua itu sampai ke sebuah pondok kecil di bukit yang tinggi. Ada sebuah panci yang sangat besar. “Besar sekali panci itu,” pikir Kalari. Wanita itu masuk ke pondok. Kalari melihat ke panci itu dan melihat ke dalamnya. Kosong. Kemudian wanita itu keluar dari ponok. Kalari cepat menyembunyikan dirinya. Wanita itu datang ke panci besar. Kemudian ia mulai bernyanyi.

“Panci ajaib, panci ajaib, buatlah sup panas untuk saya. Buatlah sup panas untuk saya. Buatlah sup dengan ayam. Buatlah sup dengan ayam. Buatlah sup agar bisa saya jual. Buatlah sup untuk saya jual. Dan biarkan orang membeli dan biarkan orang-orang membeli. Panci ajaib,specifically panci ajaib!”

Segera sup siap. Uap panas keluar dari panci besar itu.

Bau sup itu sangat lezat dan Kalari sangat lapar.

Kemudian wanita tua itu kembali ke pondoknya. Kalari mendatangi panci besar itu. Ia melihat ke bawah. Tidak ada api di sana. Tapi panci itu penuh dengan sup ayam panas!

“Saya harus memilikinya beberapa. Saya sangat lapar!” Kalari berkata pada dirinya sendiri dan meletakkan tangannya ke dalam panci untuk mengambil sepotong ayam. Tiba-tiba wanita tua itu keluar dari pondoknya. Ia melihat Kalari dengan tangannya di dalam panci.

“Oh, oh, oh!”  wanita tua itu menangis, “Oh, oh, oh!”

Kalari berlari menuruni bukit secepat yang ia bisa. Wanita tua itu berlari mengejarnya. Tapi ia tidak bisa menangkapnya. Kalari berlari dan berlari terus dan akhirnya pulang. Ia menceritakan pada orangtuanya tentang wanita tua di bukit dan panci ajaibnya. Mereka memandang bukit dan melihat uap di sana.

“Ya, kita melihat uap dari panci ajaib,” kata mereka.

Sejak hari itu wanita tua itu berhenti datang ke pasar dengan supnya. Tidak ada yang naik ke bukit yang tinggi untuk melihatnya. Mereka takut pada wanita tua itu. Tapi sekarang, ketika orang melihat putaran awan di bukit, mereka mengatakan, “Lihatlah! Ada uap dari panci ajaib.”