Begini Kisah Sehari Bersama Kehidupan Para Pembangun Piramida di Mesir Kuno, Mulai dari Bangun Pagi Hingga Malam Mereka Berkumpul Bersama Keluarga dan Memainkan Permainan Papan Senet

K. Tatik Wardayati

Penulis

Kisah sehari bersama kehidupan para pembangun piramida.

Intisari-Online.com – Kuburan pembangun piramida ditemukan oleh seorang turis pada tahun 1990.

Pekerja dengan keterampilan khusus tinggal di dekatnya, sementara pekerja migran bekerja shift sebulan penuh.

Inilah rutinitas yang dijalani oleh para pembangun piramida di Mesir Kuno.

Pukul 06.00 pagi

Pengrajin (para pemahat batu) tinggal bersama keluarga di sebuah rumah khas Mesir di dalam kota buruh.

Rumah ini memiliki area publik berpilar, domisili, dan area belakang untuk memasak.

Ketika fajar meyingsing, dia bangun dan sarapan buah ara, kurma, dan roti bersama keluarganya.

Sementara itu, seorang buruh migran naik ke rumah sederhana yang ia tinggali bersama laki-laki lain.

Baca Juga: Piramida Bengkok Sneferu Terjadi Karena Perubahan Desain dalam Struktur Saat Pembangunan, Benarkah Karena Kematian Firaun Mesir Itu Sudah Dekat Hingga Buru-buru Diselesaikan?

Baca Juga: Piramida Abu Rawash yang Hilang, Dibangun Sebagai Pemakaman Penerus Firaun Khufu, yang Menyandang Gelar Pertama Putra Ra, Dewa Matahari

Pukul 07.00 pagi

Pengrajin bergabung dengan sesama pekerja dan mereka menuju ke tambang.

Piramida telah dibangun selama lebih dari satu dekade, tetapi para pengrajin menganggap pembangunannya sebagai bagian dari tugas mereka kepada para dewa.

Pembangun piramida menggunakan alat-alat bantu dan tembaga seperti pahat dan bor.

Di lain waktu mereka akan mengukir lorong-lorong di dalam piramida itu sendiri.

Pukul 10.00 pagi

Para pekerja berusaha memindahkan balok seberat 2,5 ton dari tambang.

Wadah kayu berbentuk seperempat lingkaran dipasang di setiap sudut balok sehingga dapat digulung seperti tong.

Baca Juga: Jadi Peradaban Paling Maju di Zaman Kuno, Inilah Prestasi Mesir Kuno yang Hingga Kini Masih Digunakan, Mulai dari Kalender Hingga Seni Tembikar

Baca Juga: Tersembunyi di Teotihuacan, Misteri Sungai Merkuri Cair di Bawah Tanah, Benarkah Ini adalah Jalan Menuju ke Makam Kerajaan Meksiko Kuno? Tidakkah yang Membangun Ini Mengetahui Bahayanya?

Di lain waktu, balok-balok itu diseret menggunakan jubah, dan roda kereta luncur akan terhalang oleh pasir dan kerikil.

Pukul 11.00 – 13.00

Di tengah panasnya pagi, para pembangun piramida istirahat dan mengobrol.

Sementara para pemahat batu pergi ke tempat teduh dan mengambil beberapa anggur dari kendi.

Sore harinya, baik pemahat batu dan buruh istirahat untuk makan siang, mereka makan roti dan ikan yang ditangkap di sungai Nil.

Pukul 16.00

Saat para pekerja mencapai lokasi pembangunan, mereka harus mengangkut balok-balok itu ke atas landai yang melingkari inti piramida.

Mereka mengangkut balok-balok itu di sepanjang jalur landai dengan tali dan mengungkitnya ke atas.

Baca Juga: Tak Hanya Bangun Piramida untuk Firaun, Inilah Pekerjaan Pria dan Wanita yang Buktikan Ketangguhan Kerajaan Mesir Kuno Hingga Bertahan Selama 3.000 Tahun

Baca Juga: Sudah Dicari-cari Sejak Abad ke-19, Begini Misteri Firaun yang Hilang dan Kejanggalan di Piramida Besar yang Mungkin Menyembunyikannya

Gipsum dan puing-puing digunakan untuk mengisi celah di antara balok.

Pukul 19.00

Para pembangun piramida tiba di rumah, mereka dan keluarganya makan daging sapi panggang atau kambing dengan wortel dan lentil.

Ketiga hari berganti gelap, mereka minum bir dan menyalakan lampu minyak.

Jika sedang dalam keadaan mood, mereka terkadang memainkan permainan papan senet dengan anak-anak mereka.

Saat para keluarga menetap untuk malam itu, buruh pun melakukan hal yang sama, mereka memimpikan hari shiftnya berakhir dan dapat kembali ke desa keluarganya.

Makam para pembangun piramida

Sebuah nekropolis unik yang terletak di selatan dataran tinggi Giza, adalah konstruksi terkenal dari stand Khufu, Khafre dan Menkaure.

Pada bulan April 1990, penemuan mengejutkan dari pekuburan ini, ketika secara tidak sengaja, kuda seorang turis yang berlari kencang di sebuah bukit di selatan Sphinx Agung, tersandung pada struktur bata setengah terkubur yang menarik perhatian arkeolog Mark Lehner.

Baca Juga: DianggapTempat Firaun 'Naik' ke Alam Baka, Terkuak Alasan Orang Mesir Kuno Tak LagiBangun Piramida Sebagai Makam Raja Mesir, Kalah Pamor dengan Lokasi Ini

Baca Juga: Usianya Capai 3.700 Tahun, Begini Kondisi Makam Putri Firaun Emnikamaw yang Ditemukan di Kawasan Pemakaman Kuno Kerajaan Dashur

Zahi Hawass yang melakukan pekerjaan penelitian, mengkonfirmasi keberadaan pekuburan Kerajaan Lama.

Karya Hawass dan penemuan-penemuannya mengikuti satu sama lain selama lebih dari satu dekade, terutama mencolok yang direalisasikan pada tahun 2010.

Adalah ketika mereka menemukan pemakaman yang dapat diperkirakan pada Dinasti IV, secara kronologis ke piramida firaun Khufu, Khafra dan Menkaure.

Namun, makam dinasti kemudian, terutama dari V, juga telah ditemukan di situs tersebut.

Pemakaman para pembangun piramida sangat dekat dengan area habitat yang luas yang diidentifikasi sebagai kota tempat para pekerja piramida tinggal.

Termasuk tempat Mark Lehner mendokumentasikan gudang, jalan, rumah, toko roti, tempat istirahat kolektif yang besar, dan ruang makan (mungkin dimaksudkan untuk menampung staf sementara).

Begitu dekat dengan tempat mereka tinggal dan bekerja, beberapa arsitek dari konstruksi kuno yang paling tangguh juga dimakamkan, melansir historicaleve.

Mereka adalah makam yang berbicara kepada kita tentang hierarki pekerja yang luas dan posisi seperti salah satu "pengawas tukang", "direktur pengrajin" atau "kepala pemotong batu", menekankan pada peringkat salah satu "direktur pekerjaan raja”.

Baca Juga: Beginilah Rekayasa Teknik yang Dilakukan oleh Orang Mesir Kuno, Terutama dalam Pembangunan Piramida dan Monumen Lain, Gunakan Bagian Tubuh Ini Sebagai Sistem Pengukuran, Bagaimana Caranya?

Baca Juga: Menjadi Peradaban yang Paling Maju, Inilah 7 Penemuan Terbaik Mesir Kuno Melengkapi Semua Kebutuhan, Digunakan Hingga Sekarang, Tak Lekang oleh Waktu

Tetapi "pengawas lumbung" atau "direktur toko roti para pekerja" juga menarik perhatian, yang memberikan kesaksian tentang persediaan besar yang dibutuhkan untuk pembangunan piramida besar.

Selain itu kita dapat menambahkan adanya pemakaman keluarga, yang menunjukkan bahwa ada orang-orang yang menetap secara permanen di daerah tersebut dan di mana pasangan yang sudah menikah dan anak-anak mereka dimakamkan.

Meskipun makam umumnya dicirikan oleh kesederhanaan, selama pekerjaan penggalian ditemukan sisa-sisa sarkofagus, prasasti, benda-benda keramik, prasasti pintu palsu, patung-patung, dan relief.

Sisa-sisa manusia juga ditemukan yang analisisnya mengungkapkan kerja keras yang dilakukan orang-orang ini selama hidupnya.

Kehidupan, bukti keausan tulang, deformasi tulang belakang dan bahkan patah tulang yang seharusnya dirawat secara medis, yang menunjukkan bahwa para pekerja mendapat perhatian.

Menarik juga untuk dicatat bahwa beberapa bahan yang digunakan untuk pembangunan makam sederhana ini adalah elemen yang dibuang dari konstruksi piramida besar.

Yang tidak melayani raja tetapi berguna bagi pekerja mereka, bahkan jika itu adalah lempengan yang pecah.

Semoga saja Anda bisa mengunjungi pekuburan yang menarik ini dan mereka yang tidak bertindak tidak semestinya agar tidak menderita kutukan yang masih bisa dibaca di salah satu ambang pintu.

Baca Juga: Dulunya Jadi Kebanggaan Orang Mesir Kuno Sebagai Peristirahatan Abadi, Terkuak Ini Alasan Firaun Malah Berhenti Membangun Piramida Setelah 1.000 Tahun, Penyebabnya Tak Terduga

Baca Juga: Raja Sahure, Firaun Pembawa Perdamaian dan Kemakmuran Bagi Rakyat dan Negara Tetangganya, Namun di Baliknya Ada Fakta Lain yang Terungkap

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait