Find Us On Social Media :

Menikmati Segala Hal yang Menakjubkan di Dunia adalah Rahasia Kebahagiaan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 27 September 2016 | 18:40 WIB

Menikmati Segala Hal yang Menakjubkan di Dunia adalah Rahasia Kebahagiaan

Intisari-Online.com – Seorang pemilik toko menyuruh anaknya untuk belajar tentang rahasia kebahagiaan dari orang paling bijaksana di dunia. Anak itu melintasi padang pasir selama 40 hari, dan akhirnya tiba di sebuah kastil yang indah, tinggi di atas gunung. Di sanalah orang bijak itu tinggal. Ketika memasuki ruang kastil, anak itu melihat banyak aktivitas. Pedagang datang dan pergi, orang-orang bercakap-cakap di sudut-sudut, orkresta kecil sedang bermain musik dengan lembut, dan ada meja yang ditutupi piring-piring makanan lezat di seluruh dunia. Orang bijak itu berbicara dengan semua orang, dan anak itu harus menunggu selama dua jam sebelum tiba gilirannya untuk diperhatikan oleh orang bijak itu.

Orang bijak itu mendengarkan dengan seksama saat anak muda itu menjelaskan kedatangannya, tetapi orang bijak itu mengatakan bahwa ia tidak punya waktu saat itu untuk menjelaskan rahasia kebahagiaan. Dia menyarankan agar anak itu melihat-lihat istana dan kembali dalam dua jam. "Sementara itu, saya ingin meminta Anda untuk melakukan sesuatu", kata orang bijak sambil  menyerahkan sebuah sendok teh berisi dua tetes minyak. "Saat Anda berjalan di sekitar istana, bawalah sendok ini Anda tanpa membiarkan minyaknya tumpah". Anak itu mulai mendaki dan menuruni sekian banyak tangga istana, sambil matanya tertuju pada sendok. Setelah dua jam, dia kembali ke ruangan tempat orang bijak itu. "Nah", kata orang bijak itu, "Apakah Anda melihat permadani Persia yang tergantung di ruang makanku? Apakah Anda melihat taman yang membutuhkan tukang kebun ahli selama sepuluh tahun untuk membuatnya? Apakah Anda melihat perkamen indah di perpustakaan saya? " Anak itu merasa malu, dan mengaku bahwa ia tidak mengamati apapun. Ia hanya fokus agar tidak menumpahkan minyak yang telah dipercayakan padanya.

"Kini pergilah lagi dan amati keajaiban dunia saya,” kata orang bijak itu. "Anda tidak bisa mempercayai seseorang, kalau Anda tidak tahu rumahnya.” Lega, anak muda itu mengambil sendoknya dan kembali menjelajahi istana, kali ini dia mengamati semua karya seni di langit-langit dan dinding. Dia melihat kebun, pegunungan di sekelilingnya, keindahan bunga-bunga, dengan perasaan sepenuh hati. Setelah itu ia kembali ke orang bijak, ia menjelaskan secara rinci segala sesuatu yang telah dilihatnya.

"Tapi di manakah tetesan minyak yang saya dipercayakan kepada Anda?" tanya orang bijak itu. Melihat ke sendok di tangannya, anak itu melihat bahwa minyak itu hilang. "Nah, hanya ada satu nasihat yang bisa saya berikan untuk Anda,” kata orang bijak itu. "Rahasia kebahagiaan adalah dengan menikmati segala hal yang menakjubkan di dunia dan tidak pernah melupakan tetes minyak di sendok". (Paulo Coelho dalam The Alchemist)