Find Us On Social Media :

Piramida Bengkok Sneferu Terjadi Karena Perubahan Desain dalam Struktur Saat Pembangunan, Benarkah Karena Kematian Firaun Mesir Itu Sudah Dekat Hingga Buru-buru Diselesaikan?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 20 Januari 2022 | 12:15 WIB

Piramida Bengkok Sneferu, benarkah dibuat terburu-buru karena kematian firaun ini sudah dekat?

Intisari-Online.com – Sebuah monumen pemakaman yang dibangun atas perintah Raja Sneferu di Dashur, letaknya 40 kilometer selatan Kairo, Mesir ini disebut Piramida Bengkok atau Piramida Selatan Dashur.

Bentuk khususnya itu diyakini sebagai upaya gagap pada piramida berwajah mulus, fase terakhir dalam evolusi piramida Mesir.

Piramida tersebut memiliki banyak keanehan dan menyerupai di banyak titik piramida yang didirikan oleh putra dan penerus Sneferu, yaitu Khufu.

Di antara karakteristiknya yang menonjol adalah fakta bahwa salah satu dari dua pintu masuknya tidak terletak di fasad utara, sebuah fakta unik di Kerajaan Lama.

Yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa piramida itu masih mempertahankan sebagian besar lapisannya, sehingga piramida tersebut menjadi yang paling terpelihara di seluruh Mesir.

Dan yang membuatnya dikenal sebagai piramida yang bersinar di bawah sinar matahari.

Di dalamnya terdapat lemari besi palsu yang ditopang oleh empat dinding, yang merupakan yang tertua yang diketahui.

Kompleks pemakaman mengungkapkan sisa-sisa kuil megah dengan ornamen kaya yang membedakannya dari monumen lain Dinasti Keempat.

Baca Juga: Piramida Abu Rawash yang Hilang, Dibangun Sebagai Pemakaman Penerus Firaun Khufu, yang Menyandang Gelar Pertama Putra Ra, Dewa Matahari

 Baca Juga: Jadi Peradaban Paling Maju di Zaman Kuno, Inilah Prestasi Mesir Kuno yang Hingga Kini Masih Digunakan, Mulai dari Kalender Hingga Seni Tembikar

Kompleks pemakaman terdiri dari piramida firaun dan piramida satelit setinggi 26 meter yang terletak di selatan, keduanya dikelilingi oleh tembok batu setinggi 2 meter.

Kandang ini terhubung ke kuil pemakaman dengan jalan sepanjang sekitar 700 meter.