Find Us On Social Media :

7 Hal yang Harus Ada Dalam Isi CV Kita

By Mentari Desiani Pramudita, Senin, 26 September 2016 | 11:00 WIB

7 Hal yang Harus Ada Dalam Isi CV Kita

Intisari-Online.com- Ketika seseorang ingin melamar pekerjaan, ia membutuhkan sebuah modal yang membuat perusahaan tertarik pada dirinya. Modal itu tidak lain adalah CV atau Curriculum Vitae. Semakin menarik CV, peluang dilirik perusahaan juga besar. Tapi inti dari CV ialah isinya. Untuk itu kami merangkum 7 hal yang harus ada dalam isi CV kita.

Cantumkan skill sesuai posisi yang diinginkan

Inilah kesalahan yang sering terjadi dalam CV setiap orang. Hanya membuat satu CV tapi mengirimnya ke 10 perusahaan. Belum lagi jika perusahaan dan posisi yang diinginkan berbeda-beda. Karena ketika kita mencantumlah skill tapi ternyata perusahaannya bukanlah dibidang tersebut maka hanya membuang waktu saja. Contoh: jika melamar sebagai reporter, cantumkan skill menulis kita. Hilangkan skill lain yang tidak berhubungan dengan posisi reporter.

Pengalaman organisasi

Untuk fresh graduate ini cukup penting. Dengan minim pengalaman bekerja langsung, pengalam organisasi bisa menjadi nilai tambahan. Mereka yang mampu bekerja sama dalam tim berpeluang dilirik karena sudah mengerti tata cara bekerja dalam organisasi. Jika punya pengalaman organisasi, jangan ragu untuk mencantumkannya.

Program beasiswa yang pernah diikuti

Tentu perusahaan ingin merekrut pegawai yang memiliki kecerdasan. Ada banyak sisi melihat kecerdasarn seseorang selain pengalaman organisasi. Yaitu mendapatkan beasiswa. Mereka yang pernah mengikuti program beasiswa dinilai sebagai pribadi mengagumkan dan mandiri.

Pengalaman kerja

Dalam dunia mahasiswa biasanya disebut magang. Cantumkan kita pernah magang di mana dan diposisi apa. Jangan lupa buat rincian tugas yang dilakukan selama magang. Ini akan membuat perusahaan tahu bahwa setidaknya kita mengerti job desc posisi yang kita inginkan.

Pencapaian terbaik

Tidak ada salahnya kita memberitahukan kelebihan dalam CV. Terutama pencapaian terbaik yang pernah kita dapatkan. Contoh jika melamar sebagai reporter, tuliskan bahwa kita juara membuat essai atau berhasil memasukkan tulisan ke dalam surat kabar.

Jago bahasa asing