Find Us On Social Media :

Piramida Abu Rawash yang Hilang, Dibangun Sebagai Pemakaman Penerus Firaun Khufu, yang Menyandang Gelar Pertama Putra Ra, Dewa Matahari

By K. Tatik Wardayati, Senin, 10 Januari 2022 | 12:00 WIB

Piramida yang hilang, di Abu Rawash, diyakini sebagai kompleks pemakaman firaun Djedefre, putra dari Firaun Khufu.

Intisari-Online.comPiramida Djedefre di Abu Rawash, merupakan piramida yang dibangun sebagai pemakaman firaun Djedefre, di Abu Rawas, 8 kilometer dari Giza (Mesir), pada abad ke-26 SM.

Ini merupakan piramida paling utara yang berada di Mesir, dan telah menjadi reruntuhan sejak zaman kuno.

Firaun lain dari Dinasti Keempat memulai pembangunan Djedefre tetapi tetap belum selesai.

Diyakini bahwa firaun memilih bukit ini dan meletakkan makamnya di tempat ini agar lebih dekat dengan Ra, dewa Matahari.

Namun, hingga akhir abad ke-20 para arkeolog masih tidak mengetahui apakah piramida itu sudah jadi atau belum selesai.

Puncak piramida itu diyakini akan menjadi yang tertinggi di Mesir (220 meter di atas permukaan laut, antara 8 dan 20 meter di atas puncak asli Piramida Agung Khufu).

Namun, kondisinya saat ini menjadi buah kehancuran dan penggunaan kembali batu untuk konstruksi selanjutnya dari zaman Romawi dan seterusnya.

Penggalian terbaru menemukan bahwa kompleks pemakaman di sekitar monumen telah selesai dan aktif sampai lama setelah kematian firaun, yang tidak masuk akal jika piramida tidak pernah selesai.

Baca Juga: Jadi Peradaban Paling Maju di Zaman Kuno, Inilah Prestasi Mesir Kuno yang Hingga Kini Masih Digunakan, Mulai dari Kalender Hingga Seni Tembikar

 Baca Juga: Tersembunyi di Teotihuacan, Misteri Sungai Merkuri Cair di Bawah Tanah, Benarkah Ini adalah Jalan Menuju ke Makam Kerajaan Meksiko Kuno? Tidakkah yang Membangun Ini Mengetahui Bahayanya?

Yang diketahui secara pasti pembangunannya dimulai sekitar tahun 2580 SM atas perintah Firaun Djedefre, putra dan penerus Khufu.

Piramida tersebut berada di sebuah bukit yang menghadap ke dataran tinggi Giza (karenanya ketinggiannya bisa saja lebih tinggi daripada Piramida Besar, meski ukurannya lebih kecil mirip dengan Menkaure).