Find Us On Social Media :

Pengertian dan Contoh Pelanggaran HAM, Ada Pelanggaran HAM Ringan dan Berat

By Khaerunisa, Jumat, 31 Desember 2021 | 15:05 WIB

Ilustrasi contoh pelanggaran HAM.

Intisari-Online.com - Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang dimiliki setiap manusia dan wajib dihormati, tetapi pelanggaran HAM tetap terjadi.

Banyak contoh pelanggaran HAM di sekitar kita, bahkan ada berbagai contoh pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam sejarah Indonesia.

Ya, pelanggaran HAM ada dua jenis, yaitu pelanggaran HAM ringan dan pelanggaran HAM berat.

Apa pengertian pelanggaran HAM, dan apa maksud pelanggaran HAM ringan dan pelanggaran HAM berat serta contohnya?

Baca Juga: Hari HAM: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Lengkap Hak Asasi Manusia

Pengertian Pelanggaran HAM

Menurut UU RI No. 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM, telah dijelaskan mengenai pengertian pelanggaran HAM, yang berbunyi:

"Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau sekelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh UU ini, dan tidak didapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku."

Indonesia sendiri adalah negara yang berdasarkan hukum. Seperti menurut kata Frederich Julius Stahl, salah satu unsur yang dimiliki oleh negara hukum adalah pemenuhan hak-hak dasar warga (basic right) berupa perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).