Find Us On Social Media :

Selalu Dikenang, Apa Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia?

By Khaerunisa, Sabtu, 25 Desember 2021 | 20:30 WIB

Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda.

Intisari-Online.com - Setiap tahun peristiwa Sumpah Pemuda selalu dikenang dan diperingati, apa makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia?

Sumpah Pemuda sendiri merupakan sebutan bagi ikrar yang dikumandangkan pemuda-pemudi Indonesia dalam Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928.

Ikrar tersebut merupakan hasil putusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan 27-28 Oktober 1928.

Diselenggarakannya kongres itu sendiri merupakan gagasan Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia.

Baca Juga: Isi Teks dan Sejarah Sumpah Pemuda 1928 yang Dihadiri Wakil Organisasi Pemuda Seluruh Indonesia

PPPI juga yang menginisiasi Kongres Pemuda II dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Sebelum diadakan kongres yang menghasilkan Sumpah Pemuda itu, muncul beragam organisasi yang diinisiasi oleh kalangan muda.

Misalnya Tri Koro Darmo yang didirikan oleh Satiman pada 7 Maret 1915. Organisasi ini menginginkan perubahan cara pandang para pemuda dan kondisi yang terjadi di Indonesia saat itu.

Seiring berjalannya waktu, organisasi tersebut kemudian berubah nama menjadi Jong Java yang diisi oleh para pemuda Jawa, Madura, Bali, hingga Lombok.