Find Us On Social Media :

Jor-joran Habiskan Uang Demi Jadi Kekuatan Militer Terbesar di Dunia, China Bertekad Memenangi Perang pada 2049

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 23 Desember 2021 | 09:27 WIB

(Ilustrasi) Xi Jinping dan PLA.

Intisari-Online.comChina telah menyusul AS menjadi angkatan laut terbesar di dunia.

Tetapi para ahli menunjukkan bahwa perbandingan sederhana dari jumlah kapal mengabaikan banyak faktor yang menentukan kemampuan angkatan lautnya.

Tapi, kata mereka, pemeriksaan tren bisa bermanfaat.

Untuk saat ini, AS mempertahankan keunggulan kuat dalam banyak kemampuan angkatan lautnya, dengan 11 kapal induk dibandingkan dua kapal induk China, dan lebih banyak lagi kapal selam bertenaga nuklir, kapal penjelajah dan kapal perusak atau kapal perang yang lebih besar.

Baca Juga: Saat Armada Majapahit 'Menebar Teror' di Laut China Selatan Gara-gara Bajak Laut Filipina dan Tiongkok Sekongkol Berulah hingga Binasakan 'Pengkhianat'

Namun China diperkirakan akan membangun dan memperluas angkatan lautnya.

Melansir Kompas.com, mantan Kolonel Senior Tentara Pembebasan Rakyat, Zhou Bo, dari Universitas Tsinghua di Beijing, mengatakan sangat penting bagi China untuk memperkuat angkatan lautnya guna melawan ancaman berbasis maritim yang dihadapinya.

Secara khusus, dia mengatakan, "Masalah paling menonjol yang kami hadapi adalah apa yang kami anggap sebagai provokasi Amerika di perairan China."

Angkatan Laut AS memperkirakan bahwa antara 2020 hingga 2040, jumlah total kapal angkatan laut China akan meningkat hampir 40 persen.

Baca Juga: Pantas AS Jorjoran Ingin India Miliki Senjata Buatannya, Rupanya Tujuannya Agar India Dapat Melawan Musuh AS Ini