Find Us On Social Media :

Inilah Pengertian dan Asas Wawasan Nusantara, Meliputi Sebagai Berikut

By May N, Jumat, 17 Desember 2021 | 14:31 WIB

Keutuhan wilayah Indonesia merupakan konsep dari wawasan nusantara.

Intisari - Online.com - Bagi masyarakat Indonesia perlu diketahui mengenai wawasan nusantara, yang merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Tercakup di dalamnya yaitu seluruh aspek kehidupan yang utuh sehingga tidak dapat dipisahkan sesuai dengan kepentingan.

Serta, bangsa Indonesia yang majemuk seharusnya bisa membina dan membangun atau menyelenggarakan kehidupan nasional yang baik.

Untuk itu, pembinaan dan penyelenggaraan tata kehidupan bangsa dan negara disusun atas dasar hubungan timbal balik antara semua aspek dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.

Baca Juga: Jadi Pembuka Celah Penjajahan Bangsa Eropa di Nusantara, Inilah Alfonso de Albuquerque, Penjelajah Portugal yang Ngebet Taklukan Umat Islam, Wafat dengan Sangat Menderita

Dikutip dari kemhan.go.id, konsepsi wawasan nusantara menganut filosofi dasar geopolitik Indonesia yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai hasil perenungan filsafat tentang diri dan lingkungannya, wawasan nusantara mencerminkan dimensi pemikiran mendasar bangsa Indonesia yang mencakup dimensi kewilayahan sebagai suatu realitas serta dimensi kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai suatu fenomena hidup.

Kedua dimensi pemikiran tersebut merupakan keterpaduan pemikiran dalam dinamika kehidupan pada seluruh aspek kehidupan nasional yang berlandaskan Pancasila.

Pada wawasan nusantara terdapat beberapa hakikat yang perlu diketahui.

Baca Juga: Sesuai dengan Jati Diri Bangsa Indonesia, Inilah Mengapa Dipilih Burung Garuda sebagai Lambang Negara dan Sejarah Pembuatannya