Find Us On Social Media :

Pantas Saja China Ngotot Ingin Bangun Pangkalan Militer di Negara Miskin Ini, Ternyata Negara Ini Adalah Tempat Paling Ditakuti Amerika Serikat, Apa Alasannya?

By Afif Khoirul M, Rabu, 8 Desember 2021 | 07:50 WIB

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan para pemimpin asing menghadiri upacara pembukaan KTT Beijing Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika (FOCAC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, ibu kota Tiongkok, 3 September 2018.

Intisari-online.com - Persaingan senjata militer dan pengaruh memang terus terjadi antara China dan Amerika dalam beberapa tahun belakangan.

Bahkan China terus melebarkan sayapnya dengan memberikan iming-iming investasi dan utang kepada negara-negara miskin.

Kini, China dituding sedang membujuk sebuah negara di Afrika untuk mendirikan pangkalan militer mereka.

China diyakini mengincar sebuah negara di Afrika untuk mengizinkan pembangunan pangkalan militer pesisir yang menghadap ke Atlantik Selatan, kata laporan intelijen AS.

Baca Juga: Bak Memiliki Tangan Tuhan yang Bisa Mengatur Fenomena Alam, Terkuak China Punya Teknologi yang Bisa Mengubah Musim Sesuka Hati Mereka, Cuma Demi Perayaan Komunis Ini

Pejabat intelijen AS mengatakan China sedang membujuk Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo.

Untuk mengizinkan perluasan pelabuhan di kota Bata, yang dapat diubah menjadi pangkalan militer.

Begitu pelabuhan Bata diubah menjadi pangkalan militer, China dapat memperbaiki dan mempersenjatai kembali kapal perangnya di perairan Atlantik Selatan, di mana Amerika Serikat selalu memiliki kendali mutlak.

"Kami telah menjelaskan kepada Guinea Khatulistiwa bahwa beberapa tindakan China meningkatkan kekhawatiran tentang keamanan nasional AS," kata seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dalam pemerintahan Presiden Joe Biden kepada Wall Street Journal.Journal (WSJ).

Baca Juga: Persekongkolan Vladimir Putin dan Xi Jinping Terungkap, Kedua Pemimpin Besar Ini Siapkan Jebakan Ini untuk Melawan Joe Biden, Amerika Bisa Berakhir dalam Kondisi Ini